Drama Politik Segitiga Surya Paloh-TGB-Airlangga

Elvan Dany Sutrisno - detikNews
Kamis, 20 Des 2018 16:40 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Ada fenomena politik menarik jelang Pilpres 2019. Soal pergerakan TGB masuk partai politik pilihan hatinya.

Cerita pergerakan TGH Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB) ke parpol bermula saat Ketum Partai NasDem Surya Paloh mengungkap eks Gubernur NTB itu sudah 'masuk' ke partainya.

"Keluarga besar NTB ada di NasDem. (TGB) formalnya belum, informalnya ya sudah. Formalnya sudah jelas nanti (masuk NasDem) dan dalam proses," kata Surya Paloh usai Temu Kader dan Konsolidasi Partai NasDem di Jember, Jawa Timur, Senin (17/12).

Meskipun baru bicara informal TGB masuk NasDem, tetap saja hal itu klaim semata. Karena TGB saat dikonfirmasi mengaku belum memutuskan bakal masuk parpol.

TGB memang mengaku sangat menghormati Surya Paloh. Namun sembari menyebut Surya Paloh kerja dan berkontribusi untuk bangsa, ia menyatakan belum memutuskan masuk parpol.

"Untuk saya pribadi, saya belum memutuskan masuk partai hingga saat ini. Saya fokus dakwah dan ikut berikhtiar membantu perjuangan Bapak Jokowi bersama Kiai Ma'ruf Amin," ujar TGB saat dimintai konfirmasi.

Beberapa hari setelah isu TGB gabung NasDem bergulir, giliran Partai Golkar yang mengklaim telah meminang kepala daerah berprestasi itu.

Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto sendiri yang mengumumkan bergabungnya TGB ke Golkar. Bahkan sudah lengkap dengan jabatan di posisi strategis.

"Tadi malam kami rapat pleno, nah ketum menyampaikan pada rapat pleno itu bahwa TGB sudah menyatakan bergabung dengan Partai Golkar. Ketum juga meminta persetujuan bahwa TGB dimasukkan menjadi Ketua Korbid Keummatan. Rapat pleno tadi malam menyetujuinya," kata Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Sumatera DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia saat dimintai konfirmasi, Kamis (20/12/2018).

Namun TGB sendiri sampai kini belum merespons pertanyaan soal kebenaran bergabung ke Golkar. Justru Surya Paloh yang lebih dulu merespons isu masuknya TGB ke Golkar. Sempat meyakini TGB bakal masuk partainya, Surya Paloh akhirnya 'mengkikhlaskan'.

"Saudara-saudara, Pak TGB kan sudah ada yang di NasDem, misal Pak TGB masuk Golkar, bagus juga. Nggak ada masalah kan," kata Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di DPP Partai NasDem, Jl RP Soeroso, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (20/12/2018).

Paloh memberikan kebebasan kepada TGB untuk menentukan parpol yang dipilihnya."Beliau berhak menentukan arah pilihan politiknya. Yang penting bagi kita tahu nggak apa? Kemampuan dan kesadaran kita semuanya, Indonesia memerlukan para pejuang-pejuang yang memang mempunyai komitmen tetap. Benang merahnya dengan ideologi kebangsaan kita, nah itu. Jadi berbeda-beda partai nggak ada masalah itu," tegas Paloh.

Lantas sudahkah drama masuknya TGB ke parpol berakhir? ternyata belum, masih ada PKB mengungkap pernah menawarkan posisi untuk TGB. Lantas kapan TGB mengambil keputusan final dan buka suara soal langkah politiknya itu?



Saksikan juga video 'Merapatnya TGB dan Deddy Mizwar ke Jokowi Bagian dari Strategi':

[Gambas:Video 20detik]

(van/fdn)