Laura dan Beth Siap Endus Bandara Ngurah Rai Selama Nataru

Aditya Mardiastuti - detikNews
Kamis, 20 Des 2018 11:32 WIB
Anjing K9 (Dhita/detikcom)
Anjing K9 (Dhita/detikcom)
Denpasar - Selama libur Natal dan tahun baru (Nataru), Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, menyiagakan Posko Terpadu di Terminal Kedatangan Domestik. Salah satu tim piket tersebut adalah dua anjing tim unit satwa (K9) Polda Bali, Laura dan Beth.

Laura (3) adalah anjing golden retriever betina, sedangkan Beth (6) adalah anjing labrador betina milik unit K9 Polda Bali. Keduanya sudah berpengalaman mengendus bahan peledak selama gelaran IMF-World Bank Annual Meeting 2018 lalu.

"Laura dan Beth ini spesialis anjing pelacak bahan peledak," kata senior tim K9 Aiptu Made Darmawan di Bandara Ngurah Rai, Bali, Kamis (20/12/2018).


Selama 'piket' di Posko Terpadu Bandara Ngurah Rai itu, Laura dan Beth akan disiagakan pada pukul 09.00-21.00 Wita. Pawang Laura, Brigadir Gede Dharma Putra, mengatakan waktu kerja itu sifatnya masih situasional.

"Piket mulai hari ini sampai 6 Januari 2019. Standby dari pukul 09.00 sampai 21.00 Wita atau tergantung kebutuhan. Kalau diminta patroli, ya, nanti diajak patroli," terang Gede.

Gede mengatakan tak ada makanan khusus bagi dua anjing K9 itu. Namun kedua anjing itu memiliki hobi bermain bola.

"Makanannya biasa, sama saja. Ngelatihnya nggak pakai makanan, mereka ini nggak food drive, tapi pakai mainan. Laura ini sukanya bola, Beth juga sama," ujar Gede. (ams/asp)