detikNews
Selasa 18 Desember 2018, 20:33 WIB

Saat Pakde Karwo Setia Dampingi Jokowi Kunjungan di Jombang

Andhika Prasetia - detikNews
Saat Pakde Karwo Setia Dampingi Jokowi Kunjungan di Jombang Soekarwo mendampingi Jokowi. (Foto: dok. Biro Pers Setpres)
Jombang - Gubernur Jawa Timur Soekarwo tampak setia mendampingi Presiden Joko Widodo dalam kunjungannya di Jombang seharian ini. Pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu berada di barisan utama pendamping Jokowi.

Soekarwo menyambut Jokowi pagi ini, Selasa (18/12/2018), di Bandara Juanda, Sidoarjo. Ketua DPD Partai Demokrat itu kemudian mengikuti Jokowi saat kunjungan ke Ponpes Darul Ulum Jombang, bersama beberapa pejabat lain, di antaranya Seskab Pramono Anung, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, Menag Lukman Hakim Saifuddin, dan Ketua DPP PKB Abdul Kadir Karding.

Di Ponpes Darul Ulum, Jokowi menjadi imam salat Zuhur. Pakde Karwo menjadi salah satu makmumnya dan berada di saf terdepan.


Kemudian Pakde Karwo ikut mendampingi Jokowi ke Ponpes Tebuireng bersama rombongan lain. Dalam kunjungannya itu, Jokowi bertemu dengan pengasuh Ponpes Teburireng, KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Jokowi juga turut berziarah ke tokoh-tokoh NU yang dimakamkan di kompleks Ponpes, termasuk ke makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Jokowi juga melakukan tabur bunga di makam dua pahlawan nasional, KH Hasyim Asy'ari dan KH Wahid Hasyim. Selain didampingi Gus Sholah, Jokowi turut ditemani putri Gus Dur, Yenny Wahid. Pakde Karwo pun duduk di sebelah Jokowi saat ia tabur bunga di makam Gus Dur.

Kemudian Jokowi meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari, tak jauh dari Ponpes Tebuireng. Pada kesempatan ini, Soekarwo turut memberikan sambutan.

"Saya kira atau saya saja ini suatu pelajaran penting untuk Jawa Timur. Saya kira catatan sejarah penting kita hari ini, beliau meresmikan satu museum dan museumnya museum Islam Indonesia, Islam Nusantara," kata Soekarwo.

Saat Pakde Karwo Setia Dampingi Jokowi Kunjungan di JombangPresiden Jokowi berziarah ke makam Gus Dur di Jombang. (Andhika/detikcom)

"Saya kira nggak apa-apa tepuk tangan. Namanya shodaqoh. Ini tempat energi yang baik, terhadap Mbah Hasyim, nggak ada menakut-nakuti dan kemudian membenci calon santrinya, tapi merangkul. Ustaz harus belajar pada Mbah Hasyim. Saking kagumnya Pak Presiden, saya ucapkan wassalamualaikum," imbuhnya.

Pakde Karwo masih terus mendampingi Jokowi di agenda selanjutnya, yakni dalam acara peluncuran bersama 'Bank Wakaf Mikro Kabupaten Jombang' di Ponpes Mamba'ul Ma'arif.

Bahkan hingga malam hari, Soekarwo terus berada di barisan pendamping Jokowi saat presiden petahana itu bersilaturahmi di Ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang.

Pakde Karwo sebelumnya mengatakan mayoritas pengurus Demokrat Jatim mendukung Jokowi meski partainya secara resmi mengusung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Nama Pakde Karwo pun disebut-sebut masuk dalam jajaran timses Jokowi-Ma'ruf Amin.

Meski begitu, Pakde Karwo tak pernah secara gambang menyatakan mendukung Jokowi. Sejumlah elite Demokrat diketahui mendukung Jokowi-Ma'ruf pada Pilpres 2019.


"(Kalau) aku jadi jurkam, siapa yang mau mendengarkan aku?" kata Pakde Karwo soal kabar ia masuk di timses Jokowi-Ma'ruf.

Pakde Karwo menganggap isu dirinya menjadi jurkam kubu Jokowi hanya dibesar-besarkan. Padahal dia mengaku cukup pusing dengan hal ini.

"Saya ngikutin cucu, anak, dan istri. Kelihatannya itu yang besar-besarin, kayak saya itu penting gitu. Ini saya pakai kopiah nggak kelihatan, padahal kepalaku ngene-ngene (sambil memperagakan cenat-cenut)," lanjutnya.
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed