DetikNews
Selasa 18 Desember 2018, 17:52 WIB

WN Inggris Ungkap Cerita di Balik Foto Viral Sampah Penuhi Pantai di Bali

Indah Mutiara Kami - detikNews
WN Inggris Ungkap Cerita di Balik Foto Viral Sampah Penuhi Pantai di Bali Foto viral sampah penuhi pantai di Bali (Foto: Instagram @thelifeofjord)
Jakarta - Foto sampah memenuhi pantai di Bali yang viral di media sosial adalah jepretan seorang warga negara Inggris bernama Jordan Simons. Jordan mengungkap cerita di balik foto yang ramai dibahas itu.

Foto viral itu adalah jepretan drone yang memperlihatkan seorang perempuan berbikini berbaring di pantai dengan banyaknya sampah di sekelilingnya. Perempuan itu adalah kekasih Jordan, yaitu seorang warga negara Rumania bernama Olivia. "Just another day in paradise 😍" tulisnya di caption.



Foto itu awalnya diunggah Jordan di akun Instagram dan Twitter miliknya, @thelifeofjord, pada Minggu (16/12). Dalam dua hari, tweet-nya sudah di-retweet lebih dari 28 ribu kali dan mendapat lebih dari 22 ribu likes di Instagram.

View this post on Instagram

Just another day in paradise 😍

A post shared by Jordan Simons (@thelifeofjord) on Dec 15, 2018 at 5:53pm PST



Jordan mengatakan dia memotret kondisi itu di Pantai Batu Bolong, Badung, Bali, dengan drone sekitar 5 hari lalu. Jordan dan Olivia, yang sudah 4 pekan berada di Bali, merasa miris melihat kondisi sampah di pantai itu.

"Kami sudah beberapa kali ke pantai itu. Sebagian orang tidak peduli terhadap banyaknya sampah, mereka hanya berjalan melewatinya. Kami memutuskan kembali lagi ke sana dan memotret seperti itu," ucap Jordan saat dihubungi, Selasa (18/12/2018).



Dia menyebut mayoritas sampah yang ditemukan saat itu adalah sampah plastik. Lewat konsep foto 'bersantai di pantai penuh sampah' dan caption 'Just another day in paradise 😍', ada pesan khusus yang ingin disampaikan keduanya.

"Kami berpura-pura ini adalah surga (paradise), padahal bukan," ucapnya.

Jepretan Jordan mendapat beragam komentar di media sosial. Ada yang ikut miris, sedih, hingga tersentak dan menjadikannya pengingat soal sampah. Tapi ada pula yang mengira foto itu editan. Jordan menegaskan ini foto asli.

"Ini tidak diedit. Ini kondisi yang sebenarnya terjadi," ucapnya.

Selama di Bali, Jordan sendiri beberapa kali ikut mengangkut sampah di pantai bersama beberapa komunitas. Makin lama makin banyak turis lokal ataupun mancanegara yang ikut serta. Pekan depan, dia merencanakan kegiatan yang sama.



Jordan berharap fotonya yang viral ini juga bisa 'menyadarkan' lebih banyak orang untuk peduli soal sampah di Bali. Caranya bisa mulai dari hal kecil, yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan dan ikut mengumpulkan sampah yang berserakan.

"Saya tidak mengira bisa seviral ini tapi saya senang. Baguslah kalau viral dengan pesan yang baik," ujar Jordan, yang memperpanjang masa liburannya di Bali ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung, I Putu Eka Merthawan, mengatakan banyaknya sampah di pantai tersebut adalah imbas fenomena alam tahunan. Dia menegaskan petugas dari pemkab rutin mengangkut sampah di pantai.

"Sudah hampir puluhan tahun begini. Ini fenomena alam tahunan, dampak angin monsoon barat yang bertiup dari barat laut Samudra Hindia," kata Eka saat dihubungi, Senin (17/12).
(imk/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed