detikNews
Selasa 18 Desember 2018, 14:35 WIB

PSI Pasang Badan untuk Giring Eks Nidji yang Dikritik soal Antipoligami

Elza Astari Retaduari - detikNews
PSI Pasang Badan untuk Giring Eks Nidji yang Dikritik soal Antipoligami Giring eks 'Nidji' (Hanif/detikcom)
Jakarta - Politikus PSI Giring Ganesha dikritik Ustaz Derry Sulaiman karena menentang praktik poligami seperti kebijakan partai. PSI pun memberi pembelaan untuk mantan vokalis band Nidji itu.

"Bro Giring akan tetap bersama PSI. Ini perjuangan bersama. Kami di PSI tidak setuju praktik poligami yang menyebabkan ketidakadilan pada perempuan dan penelantaran anak. Ini adalah persoalan sosial yang harus diakui dan kita pahami," ujar Ketua DPP PSI Tsamara Amany kepada wartawan, Selasa (18/12/2018).

Tak hanya dikritik, Giring juga diminta Ustaz Derry Sulaiman keluar dari PSI, yang menentang poligami. Tsamara menjelaskan secara singkat alasan PSI menentang praktik poligami meski disetujui oleh agama.


"Riset LBH APIK menunjukkan, dari 107 istri yang diwawancara, sebanyak 37 tak diberi nafkah, 21 mengalami tekanan psikis, 23 ditelantarkan, 11 pisah ranjang, 7 mengalami aniaya fisik, 6 akhirnya diceraikan, 2 justru diteror oleh istri kedua," tuturnya.

"PSI mendukung keluarga harmonis dan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Kami percaya ini yang terbaik bagi tumbuh kembang anak," imbuh Tsamara.

Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin ini menegaskan kebijakan penentangan terhadap poligami bukan perintah dari atasan kepada bawahan bagi para kader PSI. Kebijakan itu disebut Tsamara telah melalui kesepakatan bersama.

"Di PSI tidak ada 'Bos'. Yang ada di PSI adalah teman seperjuangan, ide dan mimpi bersama tentang Indonesia yang adil bagi semua dan adil bagi kaum perempuan," ucapnya.

Tsamara AmanyTsamara Amany (Ari Saputra/detikcom)

Tsamara kembali menegaskan PSI akan terus mendukung Giring meski penyanyi itu mendapat kritik dan serangan dari sejumlah pihak. Ia menyebut itulah yang dilakukan di PSI.

"Kami akan selalu bersama Bro Giring, sebagaimana Bro Giring akan selalu bersama kami. Ini namanya solidaritas!" tegas Tsamara.


Seperti diketahui, Ustaz Derry Sulaiman 'menyembur' Giring karena menentang poligami. Kritik tersebut sebagai tanggapan atas iklan Giring untuk PSI terkait penolakan terhadap poligami itu. Giring pun diminta meninggalkan PSI.

"Buat saudara ku @giring smoga Allah beri kita semua hidayah... aamiiin... .ana tau antum orang baik... banyak denger cerita & lihat, antum ikhlas menikahi seorang janda, masyaAllah... dekat dgn ulama @tengkuzulkarnain.id ana yakin apa yg antum ucapkan bukan dari hati," tulis Derry di akun Instagramnya.

"Tp hanya ingin menyenangkan bos bos antum di PSI... tinggalkan mrk penentang syariat ALLAH itu... insyaAllah disini lebih bahagia.. wellcome bro," lanjutnya.


Saksikan juga video 'Saat Giring Ganesha Bikin Heboh Menentang Poligami':

[Gambas:Video 20detik]


(elz/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed