Tim Jokowi Sebut BPN Prabowo Cuma Klaim soal Relawan Gus Sholah

Elza Astari Retaduari - detikNews
Selasa, 18 Des 2018 13:35 WIB
Abdul Kadir Karding (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dari NU, Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan), mengatakan KH Sholahuddin Wahid (Gus Sholah) juga merestui relawannya mendukung pasangan nomor urut 02 itu. Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menyebut hal tersebut hanya klaim.

"Itu bisa menjadi satu klaim. Harus dicek dan diverifikasi lagi," ungkap Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Abdul Kadir Karding, lewat pesan suara, Selasa (18/12/2018).

Karding menyebut pihaknya lebih mempercayai informasi yang disampaikan oleh putra Gus Sholah, Irfan (Ipang) Wahid. Ipang sebelumnya menyatakan sang ayah telah merestui pembentukan Barisan Gus Sholah (Baguss) Bersatu yang merupakan gerakan untuk mengajak sebanyak mungkin kalangan pesantren agar berperan aktif dalam memenangkan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Saya lebih meyakini informasi dan pernyataan dari Gus Ipang. Gus Ipang itu anak dari Gus Sholah yang juga bagian dari TKN," sebut Karding.


Politikus PKB itu meragukan pernyataan Irfan Hasyim yang menyebut Gus Sholah juga merestui relawannya mendukung Prabowo-Sandiaga. Hal tersebut merupakan respons dari pernyataan Ipang Wahid, yang membenarkan bahwa pengasuh Ponpes Tebuireng itu menyetui pembentukan Baguss Bersatu. Karding tidak mempercayainya.

"Saya kira isu yang beredar bahwa Gus Sholah menyetujui dan merestui terbentuknya relawan Prabowo, saya kok tidak meyakini itu," tegas anggota Komisi III DPR itu.

Seperti diketahui, Gus Irfan Hasyim menyebut Gus Sholah merestui relawannya mendukung Prabowo-Sandiaga. Ia menunjukkan foto relawan Gus Sholah yang merupakan pendukung Prabowo. Ada 13 orang, termasuk dua perempuan, yang berpose dua jari telunjuk dan jempol yang biasa dipakai pendukung Prabowo-Sandi.


Dalam foto itu, mereka juga membawa spanduk bergambar Prabowo-Sandi dengan tulisan 'Pejuang PAS TBI'. Mereka menamakan diri Realistis (Relawan Santri Alumni Pesantren Pendukung Prabowo-Sandi).

"Ini (orang-orang dalam foto) sebagian besar juga relawan Gus Sholah. Kalau soal relawan, banyak juga relawan yang ke Prabowo, beliau (Gus Sholah) juga menyetujui," ungkap Irfan Hasyim, Senin (17/12). (elz/tor)