Awali Safari, Jokowi Kunjungi Ponpes Darul Ulum Jombang

Andhika Prasetia - detikNews
Selasa, 18 Des 2018 13:21 WIB
Presiden Joko Widodo (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersafari ke sejumlah pondok pesantren di Jawa Timur hari ini. Agenda diawali dengan mengunjungi Ponpes Darul Ulum, Jombang.

Jokowi sudah tiba di lokasi, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (18/12/2018) sejak pukul 11.00 WIB dan langsung bertemu dengan pimpinan ponpes. Sekitar pukul 12.00 WIB, Jokowi bertemu dengan para santri dan jemaah.

"Siang hari ini saya berbahagia sekali bisa silaturahmi dengan Bapak-Ibu semuanya siang hari ini dan saya lihat tadi ibu-ibunya cerah ceria. Sehat semua nggih? Sehat sedanten? Bapak-bapaknya sehat sedanten? Alhamdulillah. Sehat dan bahagia," ujar Jokowi, yang tampak mengenakan sarung dan kemeja koko putih.


Jokowi mengingatkan Indonesia adalah negara besar yang terdiri dari berbagai suku, adat, bahasa, hingga agama. Ia menyampaikan pesan untuk menjaga persatuan dan persaudaraan.

"Marilah jaga ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah kita. Jangan sampai lupakan ini, kita sering karena pilihan bupati, wali kota, gubernur, atau pilpres, kita menjadi agak terpecah-pecah. Padahal pilihan-pilihan tadi setiap lima tahun ada," ujarnya.

Di akhir sambutan, Jokowi menggelar kuis kepada jemaah. Namun ia tidak memberikan hadiah berupa sepeda, melainkan foto bersama.

"Tidak boleh karena tidak diperbolehkan menurut aturan KPU. Aturan itu harus kita jalankan. Nanti kalau sudah pilpres, baru boleh lagi kasih sepeda," tutur Jokowi.


Selanjutnya, Jokowi bersafari menuju Ponpes Tebuireng, Jombang, guna meresmikan Museum Islam Indonesia KH Hasyim Asy'ari. Acara dilanjutkan dengan mengunjungi Ponpes Mamba'ul Ma'arif Denanyar, Jombang, dan Ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas.

Turut mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerja di Jatim ini Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar, Seskab Pramono Anung, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, Staf Khusus Presiden Johan Budi, dan Wakil Komandan Paspampres Marsma TNI Deny Muis.


Simak Juga 'Kampanyenya Dinilai Monoton, Elektabilitas Jokowi Menurun':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/gbr)