Modifikasi Tangki Mobil Pikap, 5 Pria di Sulsel Tenggak BBM Subsidi

Hasrul Nawir - detikNews
Selasa, 18 Des 2018 10:13 WIB
Para tersangka dan mobil pikap yang telah dimodifikasi. (Hasrul/detikcom)
Barru - Lima orang dibekuk saat mengisi BBM di SPBU Bojo, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Mereka ditangkap karena diduga akan menimbun BBM Premium bersubsidi dengan cara memodifikasi tangki mobil pikapnya.

Mereka yang ditangkap ialah RH, DA, dan AG--ketiganya sudah jadi tersangka. Selain itu, ada MA dan RI, yang kini masih berstatus saksi.

"Jadi, berdasarkan informasi masyarakat yang kita dalami, akhirnya saat RH melakukan pengisian BBM di SPBU langsung kita bekuk," urai Kapolres Barru AKBP Burhaman saat dimintai konfirmasi wartawan, Selasa (18/12/2018).



Burhaman menjelaskan, untuk melancarkan aksinya, RH memodifikasi kendaraan jenis pikap menggunakan bak penampungan dengan kapasitas kurang-lebih 6.000 liter.

"Kapasitas tangki dimodifikasi agar tidak menimbulkan kecurigaan. Dari tangan pelaku, kita amankan barang bukti mobil pikap serta puluhan jeriken BBM," ucap Burhaman

Kasat Reskrim Polres Barru AKP Donny Dunggio menjelaskan, berdasarkan hasil pengembangan, BBM bersubsidi ini rencananya dibawa ke Polewali Mandar, Sulbar, dan dijual kembali di sana.

Modifikasi Tangki Mobil Pikap, 5 Pria di Sulsel Tenggak BBM SubsidiPara tersangka dan Mobil pikap dimodifikasi tangkinya. (Hasrul/detikcom)


Aksi ini sudah kerap mereka lakukan dengan bekerja sama dengan salah satu operator SPBU dengan membayar Rp 150 ribu per satu kali isi.

"Saat ini kita sudah tetapkan RH, DA sebagai operator SPBU, dan AG yang menjadi pemilik BBM di Sulbar menjadi tersangka, sementara RI dan MA masih sebatas saksi," jelas Donny. (asp/rvk)