Tiap Hari, Sampah Pantai di Badung Bali Capai 100 Ton

ADVERTISEMENT

Tiap Hari, Sampah Pantai di Badung Bali Capai 100 Ton

Indah Mutiara Kami - detikNews
Senin, 17 Des 2018 18:39 WIB
Pembersihan pantai di Badung, Bali, dari sampah (Foto: dok. DLHK Badung)
Jakarta - Sampah di pantai-pantai di Bali jadi sorotan setelah ada foto viral jepretan drone seorang WNA. Setiap hari jumlah sampah mencapai 100 ton.

"Kami kerahkan 800 petugas setiap hari. Bentangan pantai yang terdampak sejauh 12 km. Sampah yang tiap hari dari pantai mencapai 100 ton. Itu setara 40 truk sehari," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung I Putu Eka Merthawan saat dihubungi, Senin (17/12/2018).

Foto viral itu adalah hasil jepretan drone yang diunggah @thelifeofjord di Instagram dan Twitter. Foto itu memperlihatkan seorang perempuan berbikini berbaring di pantai dengan sampah di sekelilingnya.



Lewat Instagram, Simons menyebut foto itu diambil di Pantai Batu Bolong, Kuta Utara, Badung, Bali. Tidak disebutkan waktu pengambilan fotonya. detikcom telah menghubungi Simons lewat Instagram untuk wawancara, namun belum mendapat balasan.

Tiap Hari, Sampah Pantai di Badung Bali Capai 100 TonRepro foto Instagram @thelifeofjord (Toriq/detikcom)


Banyaknya sampah memenuhi pantai di Badung, Bali, akhir-akhir ini, menurut Eka, adalah akibat fenomena alam tahunan. Angin monsun barat disebut menyebabkan sampah dari sejumlah penjuru terdampar ke pantai.

"Sampah organik 90 persen, 10 persennya sampah plastik. Sampah organik meliputi pohon, buah," ujarnya.



Dia menegaskan banyaknya sampah di pantai itu bukan semata-mata akibat ulah warga Badung atau wisatawan di situ. Eka justru mengapresiasi keterlibatan masyarakat dalam membersihkan pantai.

"Tahun ini partisipasi masyarakat dan pendukung pariwisata bagus. Keterlibatannya luar biasa. Kami bangga juga karena bule-bule itu dengan tulus hati (ikut membersihkan)," pungkas Eka.


Saksikan juga video 'Setelah Paus, Giliran Penyu Mati Gegara Sampah Plastik':

[Gambas:Video 20detik]


Tiap Hari, Sampah Pantai di Badung Bali Capai 100 Ton



(imk/tor)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT