detikNews
Senin 17 Desember 2018, 12:59 WIB

3 Proyek di Tol Cikampek Disetop Selama Liburan Natal-Tahun Baru

Ibnu Hariyanto - detikNews
3 Proyek di Tol Cikampek Disetop Selama Liburan Natal-Tahun Baru Proyek pembangunan LRT di kawasan Jakarta-Cikampek akan disetop selama libur akhir tahun (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Refdi Andri menyebut seluruh pekerjaan proyek di Tol Jakarta-Cikampek dihentikan selama liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. Pemberhentian pekerjaan itu akan dimulai pada tanggal 19 Desember 2018.

"Ada juga beberapa pekerjaan yang selama ini berlangsung tiga pekerjaan sekaligus yang terlihat oleh kita dan mungkin dirasakan masyarakat di ruas Jakarta-Cikampek," kata Irjen Refdi di Gerbang Tol Cikarang Utama, Cikarang, Jawa Barat, Senin (17/12/2018)

"Nanti tanggal 19 Desember 2018, ketiga pekerjaan itu akan dihentikan," sambungnya.


Pemberhentian itu berdasarkan instruksi dari Kementerian Perhubungan. Proyek pekerjaan di ruas Tol Jakarta-Cikampek (Japek) antara lain light rail transit (LRT), elevated, kereta cepat, hingga rehabilitasi jalan.

Selain itu, menurut Refdi, sejumlah rest area di Tol Japek kini sudah dilengkapi papan informasi. Papan informasi itu akan memudahkan para pengendara bila hendak memasuki dan beristirahat rest area.


"Mereka sudah bisa lihat bagaimana kapasitasnya dan bagaimana dia bisa menentukan apakah istirahat di sini rest area terdekat atau rest area berikutnya, itu sudah ada informasi di awal di sepanjang rest area. Sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak yang niatnya istirahat mau makan, tapi malah berputar-putar karena tidak ada informasinya," ungkap Refdi.

Refdi menambahkan sejumlah antisipasi hingga rekayasa lalu lintas sudah disiapkan. Ia memastikan seluruh jajarannya siap mengamankan arus liburan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.


"Kita sudah siapkan semua termasuk estimasi contraflow. Prediksi kita tidak ada contraflow tapi kalau situasi ada, kita sudah siap itu semua," ujar dia.
(ibh/jbr)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com