Raungan Pesawat Antonov Pernah Bikin Heboh Manchester Tahun 2015

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Minggu, 16 Des 2018 16:10 WIB
Pesawat Antonov An-12BP. (Foto: Dok. airteamimages.com)
Jakarta - Suara misterius meraung-raung di langit Pantura Jawa diduga berasal dari pesawat Antonov An-12BP yang terdeteksi melintas. Rupanya suara pesawat Antonov juga pernah bikin geger warga Manchester, Inggris, pada 2015.

Dikutip detikcom dari media lokal Manchester Evening News, Minggu (16/12/2018), suara meraung-raung itu didengar oleh warga setempat pada September 2015. Warga setempat melalui media sosial mereka menyebut suara itu 'keras dan bergetar'.



Media tersebut memberitakan peristiwa itu pada 17 September 2015 pagi. Sore harinya, media itu menulis bahwa misteri telah terpecahkan.

Dituliskan bahwa suara keras dan efek bas yang bergetar itu berasal dari pesawat Antonov An-12 yang terbang di langit Manchester pada malam sebelumnya, sekitar pukul 23.00 waktu setempat. Pesawat itu terbang di ketinggian sekitar 20 ribu kaki seperti terdeteksi oleh situs Flight Radar 24.



Sementara itu, di wilayah Pantura Jawa, warga mendengar suara seperti meraung-raung itu sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, Jumat (15/12). Situs Flight Radar 24 juga mendeteksi pesawat Antonov An-12BP dari maskapai Ukraine Air Alliance melintas di wilayah Pantura bersamaan dengan warga mendengar suara meraung-raung. Huruf 'BP' menunjukkan bahwa pesawat yang melintas di Pantura merupakan pesawat militer.

Pihak AirNav Indonesia kemudian membenarkan informasi dari Flight Radar 24 tersebut dan memastikan bahwa asal bunyi keras itu dari pesawat Antonov An-12BP. Di sisi lain, pihak TNI AU menegaskan asal suara bukan dari pesawat Antonov An-12BP.


Simak Juga 'AirNav: Suara Meraung di Langit Pantura dari Pesawat Antonov':

[Gambas:Video 20detik]


Raungan Pesawat Antonov Pernah Bikin Heboh Manchester Tahun 2015
(bag/tor)