Pesawat Militer Antonov yang Meraung di Pantura Jenis Kargo, Angkut Apa?

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Minggu, 16 Des 2018 12:25 WIB
Tangkapan layar situs Flight Radar 24.
Jakarta - AirNav memastikan pesawat Antonov An-12BP mengantongi izin untuk melintas di langit Pantura Jawa. Pesawat yang diduga meraung-raung di langit Pantura Jawa dua hari lalu itu berjenis kargo.

"Itu dia untuk kargo dan yang lain, kayak Hercules gitu," kata Manager Humas AirNav Yohanes Harry Sirait saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (16/12/2018).



Pesawat Antonov itu milik maskapai Ukraine Air Alliance yang berbasis di Kiev, Ukraina. Tetapi, menurut Yohanes, pihak mana pun bisa memakai jasa angkut maskapai tersebut.

"Biasanya yang pakai macam-macam," kata dia.

Yohanes belum bisa memastikan apa yang diangkut pesawat tersebut menuju Melbourne, Australia. Dia juga masih akan mengecek data berapa kali pesawat Antonov itu melintas di wilayah RI.

Dikutip dari situs resmi Ukraine Air Alliance, pesawat Antonov An-12BP didesain untuk mengangkut orang, barang, dan peralatan militer hingga 6.000 km. Pesawat ini juga bisa dioperasikan di penugasan khusus.

Maskapai tersebut memiliki tujuh pesawat yang semuanya adalah Antonov An-12BP. Maskapai itu melayani pengangkutan benda-benda spesial, berukuran besar, berat, mahal, pecah belah, hingga mudah rusak. Selain itu, melayani pengangkutan perlengkapan militer atau penggunaan ganda sipil-militer dan kargo diplomatik.


Saksikan juga video ' Warga Pantura Jateng Heboh! Ada Suara Meraung-raung di Langit ':

[Gambas:Video 20detik]


Pesawat Militer Antonov yang Meraung di Pantura Jenis Kargo, Angkut Apa?


(bag/tor)