DetikNews
Sabtu 15 Desember 2018, 16:48 WIB

7 Hari Berlalu, WN China yang Hilang di Gili Air Belum Ditemukan

Herianto - detikNews
7 Hari Berlalu, WN China yang Hilang di Gili Air Belum Ditemukan Tim Rescue Gabungan saat melakukan pencarian korban WNA China. (dok. SAR Mataram).
Mataram - Tim SAR masih mencari turis asal Shanghai, China, Zhang Qiujue (26), yang dilaporkan hilang saat sedang snorkeling di perairan Gili Air, Lombok Utara. Hingga pencarian hari ke-7, korban belum ditemukan.

"Hasilnya masih nihil. Sekarang masih dalam pencarian," ucap Kepala Kantor SAR Mataram I Nyoman Sidakarya saat dimintai konfirmasi, Sabtu (15/12/2018).

Tim gabungan yang terlibat melakukan pencarian adalah Rescue Kantor SAR Mataram, Tim Rescue Pos Siaga SAR Bangsal, Polres Lombok Utara, Pos TNI AL Bangsal, Polairud Bangsal, BPBD Lombok Utara, dan masyarakat setempat. Pencarian hari ini masih difokuskan ke utara dan timur Gili Air menggunakan rubber boat dengan pertimbangan arah arus yang cenderung ke utara.

Pada Jumat (14/12) kemarin, Nyoman menuturkan tim penyelam sudah mencari ke sebelah utara dan timur Gili Air. Namun belum ada petunjuk.

"Dengan kondisi di bawah permukaan air laut yang jumlah karangnya relatif sedikit, kemungkinan korban tersangkut karang sangat kecil dan seharusnya korban sudah mengambang, mengingat telah lebih dari 3 hari korban tenggelam," tuturnya.


Selain melakukan penyelaman, tim rescue melakukan penyisiran di permukaan air. Namun hasil pencarian sementara masih nihil.

Karena sudah 7 hari, berdasakan hasil koordinasi maka pencarian korban diputuskan dihentikan. Selanjutnya, SAR akan melakukan pemantauan.

"Sudah ditutup tadi pukul 18.00 Wita dengan hasil nihil, karena hingga 7 hari pencarian, tidak ditemukan tanda tanda keberadaan korban," kata Nyoman.

Sebelumnya, Zhang Qiujue (26) dilaporkan hilang di sekitar perairan Gili Air, Lombok Utara, Minggu (9/12) pukul 20.10 Wita. Saat kejadian sekitar pukul 15.00 Wita, 2 WNA melakukan snorkeling di wilayah perairan Gili Air.

Asyraf (27) asal Maroko, yang merupakan pacar Zhang Qiujue, meminta izin kepadanya untuk memanah ikan sekaligus snorkeling di area yang agak jauh dari pantai tempat korban menunggu. Saat Asyraf kembali, Qiujue sudah tidak berada di tempat tersebut dan hanya ditemukan sandal, tas, baju, dan ponsel miliknya.
(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed