DetikNews
Sabtu 15 Desember 2018, 09:16 WIB

Atap JPO Tosari Mulai Dibongkar

Samsdhuha Wildansyah - detikNews
Atap JPO Tosari Mulai Dibongkar Foto: Samsudhuha Wildansyah/detikcom
Jakarta - Jembatan Penyebererangan Orang (JPO) Tosari mulai dibongkar untuk mengurangi kemacetan. Sejumlah pekerja mulai membongkar atap jembatan yang menghubungkan dengan Halte TransJakarta itu.

Pantauan detikcom di Halte Tosari, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu (15/12/2018), sekitar pukul 08.15 WIB, ada sekitar 10 pekerja yang mengenakan helm berada di atas JPO itu. Ada pula pekerja yang berada di bawah JPO.


JPO itu sudah tidak bisa digunakan oleh masyarakat. Tangga untuk menaiki JPO itu juga sudah ditutup. Masyarakat yang ingin menggunakan TransJakarta diarahkan melewati pelican crossing untuk menuju Halte TransJakarta.

Proses pembongkaran itu sedang dilakukan. Setengah dari bagian atap JPO itu sudah tidak terlihat lagi. Arus lalu lintas pun di dua arah terlihat lancar.


Sosialisasi pembongkaran JPO berupa tulisan juga terpampang di lokasi. Papan sosialisasi itu bertuliskan 'Maaf ada penutupan arus lalu lintas sehubungan pembongkaran JPO Tosari pada tanggal 14, 15, 17, 18 Desember 2018 pada pukul 22.00 WIB sampai dengan 05.00 WIB'.

Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan akan membongkar halte TransJakarta (TransJ) di Tosari, Jakarta Pusat. Pembongkaran halte bertujuan mengurangi kemacetan.

"Halte itu harus digeser dan menimbulkan kemacetan ekstra karena timbul dari TransJ bertemu dengan pertigaan Imam Bonjol, pertigaan Thamrin, Bundaran HI. Jadi di situ turun kendaraan mangkal, ngetem ambil penumpang satu lokasi. Akibatnya, jadi seperti simpul yang menimbulkan kemacetan," kata Anies di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (4/12).

Anies mengatakan jembatan penyeberangan orang (JPO) di halte tersebut akan diubah menjadi pelican crossing. Dia mengatakan pelican crossing juga akan memudahkan warga disabilitas menyeberang.

"Halte Tosari nanti akan menggunakan pelican crossing dan tidak lagi menggunakan JPO. Jadi di dekat Bundaran HI, baik sisi utara maupun sisi selatan, semuanya akan menggunakan pelican crossing," jelasnya.
(aan/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed