Polisi Pastikan Info Sweeping Tukang Parkir oleh TNI Hoax

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Jumat, 14 Des 2018 17:05 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (Kanavino/detikcom)
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (Kanavino/detikcom)
Jakarta - Beredar pesan berantai di aplikasi percakapan tentang TNI dari tiga matra yang akan melakukan sweeping pasca-pengeroyokan anggota TNI AL Kapten Komarudin dan anggota Paspampres Pratu Rivonanda di Ciracas, Jakarta Timur. Polisi memastikan kabar tersebut tidak benar alias hoax.

"Tidak benar itu, hoax," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (14/12/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Kapendam Jaya Kolonel (Inf) Kristomei Sianturi meminta masyarakat tidak langsung percaya mengenai kabar yang belum pasti kebenarannya. Menurut dia, masyarakat bisa meminta konfirmasi kabar tersebut ke TNI atau polisi setempat.



"Saat ini banyak beredar hoaks apabila ada masyarakat yang mengetahui berita tersebut bisa mengklarifikasi dan mengkonfirmasi berita tersebut kepada kami atau kepada kepolisian setempat," ujar dia.

Selain itu, Kristomei meminta masyarakat tetap bersabar dan menahan diri. Dia mengimbau warga tidak melakukan tindakan provokatif.

"Kemudian dalam kesempatan ini juga kami mengimbau kepada masyarakat untuk bersabar dan tetap menahan diri, tidak melakukan tindakan-tindakan provokatif atau tidak melakukan tindakan main hakim sendiri yang justru kontraproduktif dan meresahkan keamanan dan ketertiban masyarakat," ujarnya.



Berikut ini salah satu pesan berantai yang dipastikan hoax:

Assalamualaikum wr.wb
INFO PENTING !!

Bagi warga seputaran PERTOKOAN ARUNDINA Cibubur utk sementara waktu bila tdk terlalu berkepentingan agar tdk keluar mlm dan atau ada di seputaran tsb krn kami TRIMATRA (AD, AL, AU) kompak dan solid berkomitment akan swipping terhdp preman2 dan juru parkir liar sambil menunggu janji2 KAPOLRES JAKTIM utk segera menangkap dlm 2 hari terhitung dari jam 3 pagi dini hari semua /9 pelaku pengeroyokan terhdp anggota kami KAPTEN LAUT KOMARUDIN.
MHN agar tdk di sepelekan INFO dari kami ini dan mhn di maklum. Terimakasih !
MHN DI BERITAHUKAN KPD SELURUH ANGGOTA KELUARGA NYA agar tdk terjd hal2 yg tdk di inginkan.
(Pd hari Minggu mendtng kami TRIMATRA / AD, AL, AU akan melakukan pertemuan kmbl yg di pusatkan jg di ARUNDINA Cibubur dgn jam yg sdh kami tentukan). (knv/rvk)