Pesawat Antonov Terdeteksi Lintasi Pantura, Sumber Suara Misterius?

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Jumat, 14 Des 2018 17:00 WIB
Foto: Tangkapan layar situs Flight Radar 24
Jakarta - Masyarakat Pekalongan hingga Kabupaten Semarang dihebohkan suara misterius yang terdengar dari langit dini hari tadi. Entah berkaitan atau tidak, Flight Radar 24 mendeteksi pesawat Antonov melintasi Pantura Jawa tadi malam.

Berdasarkan kesaksian warga yang dihimpun detikcom, Jumat (14/12/2018), suara meraung-raung terdengar sekitar pukul 01.00 WIB. Begitu pula di Kabupaten Semarang.

Dilihat detikcom di situs Flight Radar 24, pada pukul 05.40 PM UTC atau 00.40 WIB, pesawat Antonov An-12BP dengan nomor registrasi UR-CGW melintas di langit Purwakarta, Jawa Barat, pada ketinggian 15.350 kaki. Pesawat terdeteksi hingga sekitar langit Subang pada empat menit kemudian.

Anehnya, pada situs tersebut, terlihat garis putus-putus saat pesawat diduga melintas di langit Subang hingga Kendal, Jawa Tengah. Pesawat kembali terdeteksi di Kendal dengan ketinggian terbang 23.000 kaki pada pukul 06.14 PM UTC atau 01.14 WIB.



Tak ada informasi dari mana pesawat itu lepas landas. Begitu pula tujuan akhir pesawat bernomor penerbangan UKL 4082 itu.

Informasi berikutnya, dari situs Flight Radar 24, pesawat bernomor penerbangan UKL 4082 terakhir terdeteksi di New South Wales, Australia. Belum ada informasi ke mana pesawat itu akan mendarat.



detikcom sudah menghubungi Airnav untuk meminta konfirmasi tentang informasi ini. Namun belum ada jawaban dari pihak Airnav.

Belakangan TNI AU menyatakan bahwa pesawat Antonov yang melintasi wilayah Indonesia tersebut berada dalam ketinggian 22.000 kaki. TNI AU meyakini, secara teori, dengan ketinggian tersebut pesawat Antonov tidak bisa mengeluarkan bunyi seperti yang viral dan disebut sebagai suara misterius.




Simak video 'Warga Pantura Jateng Heboh! Ada Suara Meraung-raung di Langit':

[Gambas:Video 20detik]

Pesawat Antonov Terdeteksi Lintasi Pantura, Sumber Suara Misterius?
(bag/fjp)