DetikNews
Jumat 14 Desember 2018, 14:47 WIB

Akan Dibongkar, JPO Tosari Tak Bisa Digunakan Mulai Hari Ini

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Akan Dibongkar, JPO Tosari Tak Bisa Digunakan Mulai Hari Ini Pengumuman terkait JPO. Foto: Nur Azizah/detikcom
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana membongkar Halte TransJakarta (TJ) Tosari untuk mengurangi kemacetan. JPO yang tersambung dengan halte tersebut sudah tidak bisa digunakan mulai hari ini.

Pantauan detikcom di Halte Tosari, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018), akses menuju JPO telah ditutup menggunakan tempat duduk halte yang dipasang melintang. Tampak spanduk imbauan terpasang menutupi gate.



Kertas ukuran A4 bertuliskan 'Para Pengguna TransJakarta Agar Menggunakan Jalur Pelican Crossing' pun ditempel di atas spanduk tersebut. Para penumpang yang baru turun dari TJ tak sedikit yang kebingungan dan bertanya kepada petugas.

"Mas, kalau mau menyeberang lewat mana ya?" tanya salah seorang penumpang.

Akan Dibongkar, JPO Tosari Tak Bisa Digunakan Mulai Hari IniFoto: Nur Azizah/detikcom


Seorang petugas TJ tampak berjaga pada gate yang ditutup. Ia sigap menjawab pertanyaan dan mengarahkan para penumpang untuk menggunakan pelican cross.

"Kalau mau nyeberang lewat sana ya, Bu, ada pelican cross. JPO-nya ditutup dulu,. Keluarnya lewat sana," ujar petugas TJ bernama Budi sambil mengarahkan penumpang ke arah pelican cross.



Sebelumnya, Gubernur DKI Anies Baswedan akan membongkar halte TransJakarta (TransJ) di Tosari, Jakarta Pusat. Pembongkaran halte bertujuan mengurangi kemacetan.

"Halte itu harus digeser dan menimbulkan kemacetan ekstra karena timbul dari TransJ bertemu dengan pertigaan Imam Bonjol, pertigaan Thamrin, Bundaran HI. Jadi di situ turun kendaraan mangkal, ngetem ambil penumpang satu lokasi. Akibatnya, jadi seperti simpul yang menimbulkan kemacetan," kata Anies di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (4/12).

Anies mengatakan, jembatan penyeberangan orang (JPO) di halte tersebut akan diubah menjadi pelican crossing. Dia mengatakan pelican crossing juga akan memudahkan warga disabilitas menyeberang.

"Halte Tosari nanti akan menggunakan pelican crossing dan tidak lagi menggunakan JPO. Jadi di dekat Bundaran HI, baik sisi utara maupun sisi selatan, semuanya akan menggunakan pelican crossing," jelasnya.
(azr/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed