DetikNews
Jumat 14 Desember 2018, 14:02 WIB

Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Pelaku Pemalsu Kartu Kredit

Rolanz - detikNews
Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Pelaku Pemalsu Kartu Kredit Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengungkap kasus pemalsuan kartu kredit/Foto: Rolan-detikcom
Jakarta - Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap tiga orang pelaku pemalsu kartu kredit. Para pelaku diduga menggunakan kartu kredit dengan total belanja Rp 2,5 miliar.

"Kami melakukan upaya penyelidikan dan didapat 3 orang tersangka. Pelaku ini melakukan manipulasi atau memodifikasi kartu kredit yang seolah-olah kartu kredit ini masih valid dan sah," ujar Kasubdit 1 Dittipidsiber Bareskrim Polri Kombes Dani Kustoni dalam jumpa pers di Jl Taman Jatibaru, Cideng, Jakarta Pusat, Jumat (14/12/2018).

Komplotan ini menurut Kombes Dani menggunakan kartu kredit yang sudah tidak berlaku. Pelaku yakni HT alias KS, BS, dan MFN memodifikasi kartu kredit dengan cara menyalin data kartu kredit ke file di PC/laptop. Data tersebut selanjutnya dipindahkan ke dalam smart chip dengan menggunakan software

"Jadi modusnya adalah bahwa yang bersangkutan ini menggunakan atau membeli kartu-kartu kredit yang sudah tidak valid lagi. Kemudian chipnya dimodifikasi, chip itu dilakukan menggunakan smart chip oleh pelaku dengan menggunakan software," ujar Dani.


 Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengungkap kasus pemalsuan kartu kredit Tim Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri mengungkap kasus pemalsuan kartu kredit Foto: Rolan-detikcom




Setelahnya, pelaku menggunakan kartu kredit untuk berbelanja handphoe, kalung emas, membayar utang. Mereka diduga beraksi sejak Juni 2017-Oktober 2018 dengan total penggunaan kartu kredit Rp 2,5 miliar.

"Pelaku ini melakukan di 50 merchant bank yang di Aceh, Sumatera Utara, Pelembang, Jakarta, Lampung dan terakhir yang bersangkutan melakukan di wilayah Yogya," imbuh Dani.

Para pelaku dijerat Pasal 378 KUHP dan Pasal 49 jo Pasal 33 Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE.


Simak Juga 'Awas! Bahaya Kartu Kredit Digesek Dua Kali':

[Gambas:Video 20detik]


Bareskrim Polri Tangkap Komplotan Pelaku Pemalsu Kartu Kredit

(fdn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed