detikNews
Jumat 14 Desember 2018, 11:18 WIB

Jelang Natal, Warga Ramai-ramai Berburu Emas di Kota Ambon

Tim detikcom - detikNews
Jelang Natal, Warga Ramai-ramai Berburu Emas di Kota Ambon Ilustrasi toko emas (Foto: detikFinance)
Ambon - Transaksi jual-beli emas di Kota Ambon mulai ramai jelang perayaan Natal-Tahun Baru. Sejumlah pusat penjualan emas pada hari ini terlihat ramai didatangi warga.

Dilansir Antara, Jumat (14/12/2018), kegiatan transaksi emas pinggiran terdapat pada emperan pertokoan Ambon Plaza. Warga juga terlihat menyemut di depan Kantor Pegadaian Kota Ambon.

"Pengunjung sudah mulai ramai sejak tiga hari belakangan ini, ada yang membeli dan ada yang menjual," kata Udin penjual emas di depan toko Ciwangi, pertokoan Ambon Plaza.



Ia menjelaskan sejak beberapa hari belakangan ini dirinya seperti mendapatkan keuntungan yang luar biasa. "Hari kemarin saya berhasil menjual emas berbentuk kalung 10 gram dengan harga yakni Rp 550.000/gram, hari ini (Jumat,14/12) sejak pagi sudah berhasil membeli enam gram emas dalam bentuk cincin," ujarnya.

Dia menjelaskan, situasi seperti ini merupakan hal yang lumrah jelang perayaan Natal. Udin menjelaskan, jelang Natal banyak warga berbondong membeli emas di sejumlah pusat pertokoan.

"Situasi ini sudah terbiasa menjelang hari-hari keagamaan, ada warga yang memerlukan dana untuk perayaan hari besar agama seperti sekarang ini yakni hadapi hari raya Natal, sudah pasti memerlukan dana, sebaliknya ada juga warga yang ingin berdandan dalam menyambut perayaan hari raya Natal terpaksa harus membeli," ujarnya.



Ia menjelaskan kalau barang emas itu sudah lama dan perlu di cuci lagi sebelum dijual maka di patok harga Rp 450.000/gram, sedangkan yang rusak Rp 420.000 hingga Rp430.000/gram.

"Jadi belakangan ini kegiatan transaksi emas mulai ramai lagi, hanya saja kebanyakan warga yang datang untuk menjual," ujarnya.

Hasil pantauan di toko emas sekarang ini harga emas yang dipatok yakni Rp 610.000/gram.


Saksikan juga video 'Wiranto Minta Masyarakat Sadar dan Arif Jelang Natal dan Tahun Baru':

[Gambas:Video 20detik]


Jelang Natal, Warga Ramai-ramai Berburu Emas di Kota Ambon

(rvk/asp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com