DetikNews
Kamis 13 Desember 2018, 20:25 WIB

Jokowi: Kalau Mau Rakyat Senang, Buat Bansos Sebanyak-banyaknya Tapi...

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi: Kalau Mau Rakyat Senang, Buat Bansos Sebanyak-banyaknya Tapi... Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelaskan kebijakan yang ia jalankan tidak semuanya dirasakan secara instan oleh masyarakat. Ia tidak ingin masyarakat terbiasa menerima hasil instan.

"Jadi tidak selalu proses pembangunan menyenangkan. Ada proses kadang pahit, ada proses kadang sakit, ada proses suatu saat kita memetik buahnya. Nah, ini jangan sampai kita mendidik masyarakat untuk gampang, instan, gampang hal-hal yang senang, gampang hal-hal yang memanjakan," ujar Jokowi dalam acara peluncuran buku 'Jokowi Menuju Cahaya' di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Kamis (13/12/2018).



Jokowi bisa saja membuat kebijakan yang membuat masyarakat senang. Sebut saja dengan membagikan bantuan sosial sebanyak mungkin.

"Tapi kebijakan mudah, kalau mau seperti itu, buat saja subsidi sebanyak-banyaknya, buat saja bansos sebanyak-banyaknya kepada masyarakat, senang semua. Tapi membangun suatu rumah yang kokoh, yang perlu fondasi kuat, pilar yang kuat, sering saya sampaikan dalam perjalanan ke sebuah negara yang besar," jelas Jokowi.



Jokowi menambahkan, pembangunan yang sudah dilakukan pemerintah saat ini tidak selamanya membuat rakyat senang. Jokowi meyakini, pil pahit itu akan berbuah manis.

"Dalam proses seperti ini, kadang bisa sakit, bisa pahit, ya itu sebuah proses yang kadang tidak instan karena membangun pilar rumah tahapannya seperti itu," ucap Jokowi.
(dkp/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed