Jalan Lintas Aceh Tengah-Nagan Raya Amblas, Transportasi Lumpuh

Agus Setyadi - detikNews
Kamis, 13 Des 2018 19:37 WIB
Ruas jalan yang menghubungkan Aceh Tengah dan Nagan Raya amblas. (Foto: dok BPBA Aceh)
Aceh - Ruas jalan yang menghubungkan Aceh Tengah dan Nagan Raya amblas setelah hujan deras mengguyur beberapa hari terakhir. Longsoran badan jalan sepanjang 40 meter itu menyebabkan akses transportasi lumpuh total.

"Jalan yang amblas ini ruas jalan Genting Gerbang-Celala. Jalan ini letaknya perbatasan antara Aceh Tengah dan Nagan Raya," kata Kepala Balai Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Teuku Ahmad Dadek saat dimintai konfirmasi, Kamis (13/12/2018).

Jalan amblas dengan kedalaman 15 meter siang tadi. Menurut Dadek, di lokasi kejadian tidak ada sinyal telepon seluler sehingga menyulitkan petugas mengakses informasi.




"Penyebab amblasnya jalan adalah hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut sejak 10 Desember lalu," ujarnya.

Arus transportasi dari Nagan Raya menuju Aceh Tengah maupun sebaliknya lumpuh total. Pihak terkait sedang mengupayakan membuka jalur pintas agar masyarakat dapat melintas.

"Kita sedang mengupayakan menerobos jalur sebelahnya sehingga nanti dalam waktu tidak lama dapat kembali dimanfaatkan masyarakat jalan tersebut," jelas Dadek.

Selain itu, BPBA sudah memasang rambu dan garis keselamatan (safety line) di lokasi. "Kalau kita lihat dari foto-foto longsor itu, pohon-pohon sudah tidak ada lagi. Sudah gersang," katanya. (agse/fdn)