DetikNews
Kamis 13 Desember 2018, 10:46 WIB

DKI Raih Peringkat Pertama Indeks Demokrasi Indonesia

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
DKI Raih Peringkat Pertama Indeks Demokrasi Indonesia Pemberian penghargaan Indeks Demokrasi Indonesia. Foto: Fida/detikcom
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI meraih peringkat pertama penghargaan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) kategori baik dari Badan Pusat Statistik (BPS). Penghargaan diberikan atas data yang diolah pada tahun 2017.

Penghargaan diberikan kepada Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan di Hotel Sahid, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis (13/12/2018). Penghargaan diberikan langsung oleh Menko Polhukam Wiranto dalam acara launching buku IDI 2017 dan pemberian penghargaan IDI 2017.



Kepala BPS Suhariyanto mengatakan baru ada empat provinsi yang indeks demokrasinya berkategori baik. Urutannya adalah DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, Kalimantan Utara dan Kepulauan Bangka Belitung.

"Posisi pertama diduduki DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Kalimantan Utara, dan Kepulauan Bangka Belitung," kata Suhariyanto.

Meski demikian, Suhariyanto menuturkan tidak ada provinsi yang memiliki indeks demokrasi yang buruk. Dia berharap indeks tersebut dapat menjadi acuan bagi masing-masing pemerintah daerah.



"Dari 34 provinsi tidak yang di bawah 60. Dengan kata lain tidak ada provinsi yang menurut IDI berkategori buruk. Di sisi lain ada 4 provinsi berkategori baik, nilainya di atas 80," sebut Suhariyanto.

Sementara itu, Menko Polhukam Wiranto menuturkan demokrasi di Indonesia dinilai sudah berjalan dengan baik. Salah satu indikatornya adalah stabilitas yang terjaga.

"Sebenarnya Indonesia sudah lumayan, demokrasi tanpa stabilitas nggak mungkin. Stabilitas itu yang membuat demokrasi bisa berjalan," sebut Wiranto.


Saksikan juga video 'Pemprov DKI Jakarta Raih 3 Penghargaan KPK di Hari Antikorupsi':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed