DetikNews
Rabu 12 Desember 2018, 13:18 WIB

Pembobol ATM Dibekuk di Tangerang, Las hingga Gergaji Disita

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Pembobol ATM Dibekuk di Tangerang, Las hingga Gergaji Disita
Serang - Sindikat komplotan pembobol ATM lintas daerah ditangkap Satreskrim Polresta Tangerang. Sindikat ini diduga telah membobol ATM di berbagai daerah dan meraup uang ratusan juta rupiah.

Kapolresta Tangerang Kombes Sabilul Alif mengatakan tiga orang berinisial MJS (51), IZ (25), dan UN (47) ditangkap di kawasan Tangerang. Polisi juga masih memburu tiga rekannya yang masih masuk DPO.

Menurutnya, para pelaku ini telah beraksi di beberapa wilayah Banten dan luar Banten, seperti di Slawi, Tegal, dan meraup uang Rp 220 juta, serta di Salatiga Rp 60 juta.

Di Banten, komplotan ini pernah beraksi di Tangerang dan Serang masing-masing pada 19 dan 27 Oktober dan 6 November 2018.

"Komplotan ini diperkirakan berhasil meraup uang kejahatan sebesar hampir Rp 1 miliar," kata Sabilul Alif dalam keterangannya kepada wartawan di Tangerang, Banten, Rabu (12/12/2018).

Ia melanjutkan, para pelaku menggunakan alat las untuk membobol ATM. Pelaku juga dibantu oleh alat seperti tabung oksigen, gergaji, kunci pas, kunci Inggris, sampai blender potong. Ketiga pelaku diancam Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

"Polisi memastikan akan terus mengepung tersangka lain yang sudah masuk DPO," tegasnya.
(bri/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed