Pecat Muhidin karena Dukung Jokowi, PAN Rombak Pengurus DPW Kalsel

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Rabu, 12 Des 2018 11:52 WIB
Sekjen PAN Eddy Soeparno (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - PAN memutuskan memecat Ketua DPW Kalimantan Selatan Muhidin karena mendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Buntut dari pemecatan itu, PAN akan merombak kepengurusan DPW Kalsel besok.

"Kamis (13/12/2018) kami akan mengumumkan perombakan tersebut," ujar Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno dalam keterangan tertulis, Rabu (12/12/2018).


Eddy mengatakan perombakan itu demi menjaga kehormatan partai, mengingat keputusan Muhidin untuk membelot telah menyalahi sikap resmi PAN.

Seperti diketahui, PAN merupakan salah satu partai yang mendukung dan mengusung pasangan capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal itu sejalan dengan hasil rakornas PAN.

"Semua itu kami lakukan untuk menjaga dan menegakkan marwah partai," katanya.


Pemecatan Muhidin bermula dari deklarasi dukungan eks Ketua PAN Kalsel itu ke Jokowi-Ma'ruf Amin pada Minggu (9/12) lalu. PAN menilai pembelotan Muhidin itu tidak bisa ditolerir.

Muhidin kemudian dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPW Kalsel. Hari ini, Sekjen PAN Eddy Soeparno menyampaikan bahwa setelah penonaktifan, pihaknya memutuskan memberhentikan Muhidin. (mae/elz)