DetikNews
Rabu 12 Desember 2018, 10:28 WIB

Dengar Biaya Sertifikasi Satpam, Jokowi: Rp 5-Rp 10 Juta Mahal

Andhika Prasetia - detikNews
Dengar Biaya Sertifikasi Satpam, Jokowi: Rp 5-Rp 10 Juta Mahal Foto: Muchlis Jr-Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta - Presiden Joko Widodo membuka konferensi Industri Jasa Pengamanan Nasional 2018. Jokowi dicurhati soal biaya sertifikasi satuan pengamanan atau satpam.

Adalah Ilal dari Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) di PT Bravo Satria Perkasa yang menyebut harga sertifikasi satpam senilai Rp 5 sampai Rp 10 juta per orang. Jumlah itu dinilainya mahal.



"Ada yang ingin saya sampaikan, biaya sertifikasi profesi sekuriti, rata-rata Rp 5 sampai Rp 10 juta," ujar Ilal kepada Jokowi di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (12/12/2018).

"Tinggi sekali, tapi saya pelajari. Rp 5 sampai Rp 10 juta? Mahal. Komentar saya itu saja, mahal," jawab Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mendengar curhatan yang disampaikan Ema, Yuda, dan Rian. Ketiga orang yang berprofesi sebagai satpam ini menceritakan keluh kesahnya saat menjaga keamanan.

Dalam konferensi ini, Jokowi memuji profesi satpam yang disebutnya mulia. Jokowi berterima kasih atas kontribusi satpam dalam rangka menjaga keamanan.

"Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota satpam, kepada para perusahaan jasa pengamanan yang selama ini telah turut berdiri di barisan depan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sungguh, menurut saya profesi satpam adalah sebuah profesi yang mulia," kata Jokowi.

Selain itu, peningkatan kualitas SDM satpam dengan sertifikasi sangat diperlukan. Jokowi akan mengecek dengan seksama terkait biaya sertifikasi satpam.

"Tadi juga disampaikan masalah sertifikat sangat penting. Tadi Rp 5 sampai Rp 10 juta memang mahal. Tolong dicatat pak menteri, nanti saya cek," ujar Jokowi.


Saksikan juga video 'Jokowi yang Tak Kenal Lelah Bagikan Sertifikat untuk Rakyat':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed