Penerima Kartu Pekerja Bisa Naik TransJakarta Gratis

Penerima Kartu Pekerja Bisa Naik TransJakarta Gratis

Muhammad Idris - detikNews
Selasa, 11 Des 2018 17:01 WIB
Foto: Pemprov DKI Jakarta
Foto: Pemprov DKI Jakarta
Jakarta - Berbagai pelayanan diberikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kepada pekerja yang ada di Ibu Kota. Melalui program subsidi Kartu Pekerja, kelompok masyarakat tersebut dapat menikmati berbagai layanan publik yang disediakan pemerintah, dari layanan TransJakarta gratis hingga membeli pangan dengan harga murah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi DKI Jakarta, Andri Yansyah, mengatakan Pemprov DKI Jakarta telah menetapkan kebijakan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan pekerja, berupa perluasan manfaat Kartu Pekerja.

"Penerima Kartu Pekerja akan memperoleh tambahan manfaat yakni layanan naik TransJakarta gratis di 13 koridor, member JakGrosir, penyediaan pangan dengan harga murah dan bantuan biaya personal pendidikan, seperti KJP Plus," kata Andri dalam keterangan tertulis, Selasa (11/12/2018).

Dijelaskannya, JakGrosir merupakan tempat belanja secara grosir yang selama ini hanya melayani pegawai Pemprov DKI Jakarta, karyawan PD Pasar Jaya, dan warga penerima Kartu Jakarta Pintar (KJP). Kini, pemegang Kartu Pekerja juga bisa berbelanja di JakGrosir.


"Tidak hanya itu, buruh berpenghasilan upah minimum provinsi (UMP) dapat mengikuti program subsidi pangan berupa pembelian bahan pokok. Di antaranya daging sapi, daging ayam, beras, dan telur ayam," ujarnya.

Khusus untuk program subsidi pangan tersebut, para pekerja diharuskan membuka rekening di Bank DKI. Sebab, pembelian menggunakan sistem nontunai. Tidak hanya itu, anak-anak buruh bergaji UMP hingga 10 persen di atas UMP akan mendapatkan KJP Plus sehingga bisa membeli susu bersubsidi setiap bulan.

Pemilik Kartu Pekerja dapat membeli pangan bersubsidi di sejumlah lokasi yang telah ditentukan. Seperti di 111 pasar tradisional di bawah pengelolaan Perumda Pasar Jaya. Kemudian bisa membeli pangan bersubsidi di 110 lokasi Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) dan 18 lokasi rumah susun sederhana sewa (rusunawa).

"Juga bisa juga di dua lokasi meat shop milik PD Dharma Jaya, Koperasi Serikat Pekerja yang ditetapkan tim pekerja dan mobil distribusi pangan," terangnya.


Sesuai dengan kesepakatan dengan Federasi SP/SB, Bank DKI, dan Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta, telah dilaksanakan penyerahan kartu pekerja sekaligus dilakukan uji coba penggunaan kartu pada 15 November 2018 kepada 173 pekerja di Jak Grosir Perumda Pasar Induk Kramat Jati dan pada 28 November 2018 kepada 160 pekerja di Pasar Bidadari, Jakarta Timur, dan Pasar Kedoya, Jakarta Barat.

"Penyerahan kartu pekerja ini merupakan bentuk kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pekerja dan keluarganya sehingga terwujud Jakarta yang maju kotanya dan bahagia warganya," tuturnya.

Untuk mendukung peningkatan pengguna layanan, Disnakertrans Provinsi DKI Jakarta masif dalam melaksanakan sosialisasi, baik sosialisasi dengan Federasi Serikat Pekerja (SP) atau Serikat Burut (SB) maupun dengan Asosiasi Perusahaan. (idr/idr)