DetikNews
Selasa 11 Desember 2018, 15:36 WIB

Pemprov DKI Mulai Bangun Pengolah Sampah ITF Sunter 20 Desember

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemprov DKI Mulai Bangun Pengolah Sampah ITF Sunter 20 Desember Foto: Pradita Utama
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera memulai pembangunan proyek pengolah sampah intermediate treatment facility (ITF) pada 20 Desember 2018. Dinas Lingkungan Hidup tengah menyelesaikan izin analisi dampak lingkungan (amdal) proyek itu.

"Tadi saya baru rapat komisi amdal terkait dengan kesiapan. Tadi ada rapat teknis amdal membahas tentang RKL (rencana pemantauan lingkungan)-nya ITF Sunter buat rencana groundbreaking di tanggal 20 Desember 2018," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI, Isnawa Adji, saat dihubungi, Selasa (11/12/2018).


Isnawa mengatakan proses amdal harus diselesaikan untuk menghindari protes dari warga. Pihaknya yakin amdal tersebut akan segera selesai.

"Sebetulnya juga groundbreaking tidak harus menunggu amdal, ini simultan. Tapi kami antisipasi juga, NGO (LSM) soalnya pasti nanya soal amdal," sebut Isnawa.


Proyek ITF Sunter akan dibangun oleh BUMD PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan perusahaan asal Finlandia, Fortum. Dinas LH, Jakpro dan perwakilan masyarakat, juga akan menggelar diskusi publik untuk mempersiapkan proyek tersebut pada 13 Desember 2018.

"Jakpro lagi mempersiapkan segala sesuatunya untuk groundbreaking. Juga tanggal 13 Desember 2018 akan ada semacam diskusi publik yang melibatkan masyarakat perwakilan serta instansi terkait, Dinas LH, tentang rencana pembangunan ITF Sunter," sebut Isnawa.


Saksikan juga video 'ITF Sunter Mulai Dibangun Desember':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed