DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 16:41 WIB

JK: Pemilu Seperti Badminton, Ada Partai Menang Karena Bertahan

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK: Pemilu Seperti Badminton, Ada Partai Menang Karena Bertahan Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menganalogikan Pemilu 2019 layaknya pertandingan badminton. Ada partai politik yang terus bertahan dari serangan lawan namun menjadi pemenang.

"Pemilu itu, politik sama seperti badminton, jadi hati-hati. Karena itu ada di pemilu, ada partai yang menang karena bertahan. Nah ini juga bisa menyerang, terserah mau pilih mana kan," kata JK di Hotel Mercure, Jakarta Utara, Senin (10/12/2018).


JK menjelaskan layaknya pertandingan badminton, ada pukulan smash dari serangan lawan yang dapat dikendalikan. Sebaliknya, jika pukulan smash terlalu keras dan bola kok keluar garis atau out, maka lawan akan mendapatkan poin.

"Nah itu kira-kira situasi pemilu di Indonesia nanti yang perlu diawasi. Jadi yang menentukan wasit," ujarnya.

JK pun menyebut Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) layaknya pengawas pertandingan badminton yang mengawasi dari luar lapangan.


"Jadi Bawaslu ini (ibaratnya) di samping mengawasi, di samping menjaga lapangan, pengawasnya kan lima. Di samping pemain diawasi, pengawasnya lima," tuturnya.

JK lalu menceritakan pengalamannya saat menjadi Ketua Umum Partai Golkar. Saat itu ketika jelang Pemilu pihaknya fokus kepada penggalangan massa.

"Sekarang enggak ada lagi seksi penggalangan massa. Yang ada cyber army, jadi silakan berkelahi di dunia maya lah, yang di bawah tenag-tenang. Itu yang terjadi di Indonesia," ucapnya.

"Ribut di media, saling cerca macam-macam, saling kritik. Karena politik itu, kalau musimnya pemilu seperti badminton. Kita dapat menang di badminton kalau smash masuk. Tapi kalau smash nyangkut keluar atau ke net, yang dapat poinnya lawan. Kalau mau ngomong benar, atau ada isu, benar-benar. Kalau begitu isunya salah, itu langsung dikritik habis dan itu poin, bisa jadi menang," lanjutnya.
(nvl/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed