DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 15:43 WIB

Polisi Tepis Sandi soal Kasus Habib Bahar: Bukti Kami Cukup

Audrey Santoso - detikNews
Polisi Tepis Sandi soal Kasus Habib Bahar: Bukti Kami Cukup Habib Bahar bin Smith jadi tersangka dugaan diskriminasi ras dan etnis. (Rifkianto Nugroho)
FOKUS BERITA: Habib Bahar Ditahan
Jakarta - Kepolisian menepis pernyataan cawapres Sandiaga Uno yang khawatir penegakan hukum tajam ke oposisi dan tumpul ke penguasa terkait penanganan Habib Bahar bin Smith. Polisi menegaskan punya bukti kuat penetapan status tersangka Habib Bahar.

"Ya, (kami) sudah punya alat bukti yang cukup dan kontrol penanganan perkara sudah ketat. Kami profesional, kami mengedepankan equality before the law (persamaan di hadapan hukum). Nggak ada kriminalisasi," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Senin (10/12/2018).


Habib Bahar ditetapkan sebagai tersangka oleh penyidik Bareskrim Polri dalam kasus dugaan diskriminasi ras dan etnis terkait ceramahnya yang menyebut 'Jokowi mungkin banci'. Polisi menyebut, proses penyidikan Habib Bahar dapat diawasi secara transparan.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo.Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Nur Azizah/detikcom)

"Karena kami ada e-management penyidikan, jadi transparan betul itu manajemen penyidikan dapat diawasi bersama," kata Dedi.

Permintaan ini sebelumnya disampaikan Sandi karena muncul kekhawatiran sejumlah orang menjadi 'target'. Penegak hukum diminta profesional.


"Kita jaga keutuhannya dan kita harapkan prosesnya seadil-adilnya. Hukum jangan tajam ke oposisi tapi tumpul ke penguasa. Tapi ya seadil-adilnya kalau memang ini saya percaya aparatur hukum bisa betul-betul bisa menunjukkan keberpihakannya kepada kebenaran, itu yang kita harapkan," ucap Sandi saat dimintai pendapatnya soal kasus Habib Bahar seusai meresmikan posko pemenangan Prabowo-Sandi di Jalan Ciledug Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (8/12).

Mengenai kasus yang dihadapi, Habib Bahar mengaku tidak mempermasalahkannya. Ia akan kooperatif menjalani pemeriksaan penyidik.

"Kita kooperatif, datang ke sana diperiksa dengan baik, penyidik-penyidiknya juga profesional, setelah ditetapkan tersangka kita terima," ujar Habib Bahar kepada detikcom, Sabtu (8/12).


Saksikan juga video 'Kata Pengamat soal Penetapan Tersangka Habib Bahar':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/fjp)
FOKUS BERITA: Habib Bahar Ditahan
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed