DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 09:03 WIB

Dradjad Wibowo Soal PAN Kalsel Dukung Jokowi: Hanya Sebagian

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Dradjad Wibowo Soal PAN Kalsel Dukung Jokowi: Hanya Sebagian Foto: Dradjad Wibowo (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN, Dradjad Wibowo membantah partainya tak solid mendukung pasangan nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Hal itu disampaikan Dradjad menanggapi DPW PAN Kalimantan Selatan yang deklarasi mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin.

Dradjad mengatakan berdasarkan informasi dari kader-kader PAN di Kalsel, hampir semua akar rumput mengikuti keputusan rakernas. Deklarasi dukungan ke Jokowi-Ma'ruf hanya dilakukan oleh sebagian pengurus DPW PAN Kalsel.

"Saya baru mendapat kabar dari teman-teman di Kalsel. Menurut mereka, hampir semua akar rumput PAN di Kalsel istiqomah/konsisten dengan keputusan Rakernas. Yang menyeberang itu hanya sebagian pengurus. Itu pun banyak pengurus yang diam-diam tidak sepakat dengan keputusan DPW tersebut," ujar Dradjad, kepada wartawan, Senin (12/10/2018).


Dradjad menjelaskan, sesuai rakernas, PAN memutuskan untuk mengusung dan mendukung Prabowo-Sandiaga. Keputusan itu wajib diikuti oleh seluruh kader.

"Yang jelas Rakernas PAN 2018 sudah memutuskan mendukung Prabowo. Secara AD/ART, semua kader wajib menjalankan keputusan Rakernas. Ini karena di dalam organisasi PAN, Rakernas adalah forum pengambilan keputusan tertinggi kedua setelah Kongres. Itu aturan AD/ART nya," tuturnya.

Dradjad mengungkapkan, persoalan kader PAN di daerah yang berbeda pandangan dengan sikap resmi partai di wilayah Kalimantan Selatan itu juga bukan yang pertama kalinya. Sebelumnya, kata dia, DPD PAN Kabupaten Tanah Bumbu telah lebih dulu melabuhkan dukungan ke Jokowi-Ma'ruf.

"Yang pertama deklarasi itu DPD PAN Kabupaten Tanah Bumbu. Lalu setelah itu naik ke DPW Provinsi Kalsel. Jadi tentang apa yang akan dilakukan oleh DPP PAN terhadap hal ini, nanti biar bang Zul sebagai Ketum yang menyampaikan. Soal alasan yang disampaikan DPW, saya tertawa saja lah he..he..he," tuturnya.


Sebelumnya, DPW Partai Amanat Nasional (PAN) deklarasi mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Pernyataan dukungan itu langsung diteken oleh Ketua DPW PAN Kalsel Muhidin di di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin.

"Kami mendukung kemenangan Jokowi dan KH Ma'ruf Amin di Kalimantan Selatan," ujar Muhidin, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Minggu (9/12).


Saksikan juga video 'PAN Apresiasi Lulung dari Partai Pendukung Penista Agama ke Pro Ulama':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed