DetikNews
Senin 10 Desember 2018, 07:58 WIB

Strategi Baru Prabowo-Sandi Rebut Suara di Markas Banteng

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Strategi Baru Prabowo-Sandi Rebut Suara di Markas Banteng Foto: Prabowo-Sandiaga (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Prabowo Subianto-Sandiaga Uno merancang strategi baru untuk merebut suara capres petahana, Joko Widodo (Jokowi) di Jawa Tengah. Strategi tersebut yakni memindahkan posko pemenangan dari Jakarta ke kandang banteng itu.

Rencananya, strategi itu mulai direalisasikan pada awal tahun 2019. Jateng akan menjadi perhatian khusus pasangan nomor urut 02 itu.


Banyak alasan yang mendasari Prabowo-Sandiaga merancang strategi tersebut. Salah satunya pengalaman Prabowo yang 'keok' melawan Jokowi di Jateng saat Pilpres 2014. Selain itu, iming-iming mendulang suara di wilayah itu saat Pilpres 2019 menjadi alasan lainnya.

"Prabowo Sandi menyadari, Jateng adalah medan yang menantang, dan pengalaman pilpres 2014, kekalahan Prabowo di Jateng besar. Karena itu, Jateng menjadi perhatian khusus. Sudah dipertimbangkan kemungkinan pak Sandi akan pindahkan pos pemenangan di Jateng," ungkap Direktur Materi Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Sudirman Said, saat dihubungi, Minggu (9/12).


Sejumlah langkah pun telah disiapkan pasca Prabowo-Sandiaga memindahkan posko pemenangannya ke Jateng. Berikut langkah-langkah tersebut:

1. Fokus kampanye di Jateng

Prabowo-Sandiaga akan banyak turun ke kabupaten dan kota di Jateng. Dengan lebih mencurahkan perhatian ke wilayah itu, diharapkan suara Jokowi-Ma'ruf akan terus tergerus.

"Jateng merupakan provinsi penting yang harus dimenangkan pasangan Prabowo-Sandi," kata Sudirman Said.

2. Memperbanyak posko pemenangan

Posko pemenangan di Jateng akan semakin diperbanyak. Hal itu demi memperkuat posisi Prabowo-Sandi di salah satu provinsi dengan pemilih terbanyak itu. Apalagi

"Posko-posko akan diperbanyak, akan diperkuat di sana. Memang, berdasarkan survei kita, memang Jateng menjadi istilah kita dalam tanda kutip 'battle ground' Prabowo dan Sandi. Di banyak tempat kita banyak menang, di Jateng tipis berdasarkan survei internal kita," kata Jubir Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak, kepada wartawan di kantor Seknas Pemenangan Prabowo-Sandi, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta, Minggu (9/12).

3. Menawarkan perubahan di Jateng

Prabowo-Sandiaga disebut akan menawarkan sejumlah hal ketika nanti bermarkas di Jateng. Tawaran tersebut yakni perubahan bagi masyarakat Jateng.

"Kita datang ke Jateng untuk menawarkan perubahan. Kita menawarkan bagaimana masyarakat Jawa Tengah dan seluruh Indonesia ekonominya meningkat. Intinya, yang kami tawarkan perbaikan ekonomi. Jadi kami beda konsep dengan PDIP. Kalau kami ini adalah upaya bersama-sama melakukan perubahan nasib bangsa, memperbaiki ekonomi dengan memindahkan posko ke Jateng. Harapan kami, Jateng dan seluruh Indonesia bisa ekonominya bangkit," ujar anggota Badan Komunikasi DPP Partai Gerindra Andre Rosiade saat dihubungi, Minggu (9/12).


Saksikan juga video 'Prabowo: Emak-emak Paling Pertama Merasakan Negara Ini Tak Beres':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/abw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed