DetikNews
Minggu 09 Desember 2018, 19:11 WIB

Pengguna Tol Diprediksi Bertambah 15% Saat Libur Natal-Tahun Baru

Muhammad Guruh Nuary - detikNews
Pengguna Tol Diprediksi Bertambah 15% Saat Libur Natal-Tahun Baru Menhub Budi Karya Sumadi (Guruh/detikcom)
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi terjadi kenaikan jumlah pengguna jalan tol pada libur Natal-tahun baru 2019. Soalnya, jalan tol Jakarta-Surabaya sudah bisa digunakan.

"Kalau saya lihat, yang akan naik kelihatannya (jalur) darat. Karena jalan tol dari Jakarta ke Surabaya itu sudah jadi. Kenaikannya mungkin bisa 15 persen," kata Budi di kantor Pelindo II, Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (9/12/2018).



Kenaikan jumlah pengguna jalan tol itu dipicu keinginan masyarakat untuk mencoba jalan tol yang baru. Ini juga sudah terbukti di daerah lain, yakni Palembang, Sumatera Selatan. Budi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono juga akan menjajal tol Jakarta-Surabaya.

"Minggu depan saya dan Pak Basuki akan mencoba jalan tol," kata Budi.

Dia juga memprediksi kenaikan jumlah penumpang pesawat sebesar 7 persen di libur Natal-tahun baru nanti. Dia memberikan kesempatan kepada perusahaan maskapai penerbangan untuk menambah slot. Pihak bandara juga dinilainya telah bekerja keras mengelola penerbangan.



"Dan juga memikirkan slot itu sebanyak mungkin bisa ditampung," ujarnya.

Untuk pengaturan arus lalu lintas Natal dan tahun baru 2019, pihaknya tengah membahas pembatasan truk lewat tol. Namun hal ini belum final dibahas.

"Tidak akan saya putuskan dulu karena para asosiasi (pengusaha) dan Dirjen Perhubungan Darat, BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodatebek) akan membahas soal berapa lama itu dilakukan," kata Budi.
(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed