detikNews
Minggu 09 Desember 2018, 17:54 WIB

Gambaran Lokasi Penemuan 1 Jenazah Korban Pembunuhan KKSB Papua

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Gambaran Lokasi Penemuan 1 Jenazah Korban Pembunuhan KKSB Papua Jembatan lokasi penembakan 31 pekerja Trans Papua (Istimewa/Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR)
Jakarta - Satu jenazah korban pembunuhan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) Papua ditemukan di sekitar Puncak Kabo. Begini gambaran lokasi penemuan mayat itu.

"Korban ditemukan di dalam hutan sekitar 500 M-1 Km dari posisi pembantaian di lereng bukit puncak Kabo. Ciri-ciri umum, jenazah berjenis kelamin laki-laki, berambut panjang, mengenakan celana panjang warna putih. Kondisi jenazah sudah mulai rusak atau membusuk," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Muhammad Aidi dalam keterangannya kepada detikcom, Minggu (9/12/2018).


Kolonel Aidi melanjutkan gambarannya mengenai puncak Kabo. Kawasan itu merupakan hutan yang terletak sekitar 5 kilometer dari kampung terdekat.

"Perlu juga kami gambarkan bahwa lokasi pembantaian di bukit puncak Kabo adalah kawasan hutan yang terletak sekitar 4-5 km dari pinggir kampung terdekat," sebut Aidi.


Lokasi puncak Kabo yang tergolong dekat dengan kampung disebut Aidi bisa menimbulkan dugaan ada korban jatuh. Bisa jadi korban malah pelaku pembantaian.

"Jadi bila ternyata ada laporan telah jatuh korban akibat kontak tembak tersebut, dapat dianalisis bahwa korbannya bukan warga sipil murni, tapi mungkin saja mereka adalah bagian pelaku yang telah melaksanakan pembantaian," sebut Aidi.



Tonton juga 'Jembatan Ini Jadi Saksi Bisu Pembantaian 31 Orang oleh KKB':

[Gambas:Video 20detik]


(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com