DetikNews
Jumat 07 Desember 2018, 17:20 WIB

Segera Disidang, Bupati Lampung Selatan Nonaktif Dipindah Selnya

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Segera Disidang, Bupati Lampung Selatan Nonaktif Dipindah Selnya Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Bupati Lampung Selatan nonaktif Zainudin Hasan dipindah selnya ke Lapas Kelas 1 Lampung. Pemindahan adik Ketua MPR Zulkifli Hasan itu berkaitan dengan persidangannya yang segera digelar di Pengadilan Tipikor Lampung.

"Pemindahan lokasi penahanan ZH (Zainudin Hasan) untuk persiapan menjalankan sidang," ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Jumat (7/12/2018).

Pemindahan itu dilakukan hari ini dari Rutan KPK. Selain itu, Febri menyebut sebelumnya KPK telah melakukan pemindahan penahanan terhadap anggota DPRD Provinsi Lampung, Agus Bhakti Nugroho, serta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Lampung Selatan Anjar Asmara.




"Persidangan untuk BN dan AA direncanakan akan dilakukan pada hari Kamis, 13 Desember 2018. Sedangkan jadwal persidangan untuk ZH sedang menunggu penetapan dari pengadilan," ucap Febri.

Dalam kasus suap, Zainudin diduga mendapatkan imbalan berupa fee proyek sebesar 10-17 persen di lingkungan Dinas PUPR Kabupaten Lampung Selatan. Tersangka lain yang juga menyandang status tersangka adalah Gilang Ramadan dari CV 9 Naga, Agus Bhakti Nugroho selaku anggota DPRD Provinsi Lampung, dan Anjar Asmara selaku Kepala Dinas PUPR.

KPK juga menelusuri aliran duit Rp 57 miliar dalam kasus dugaan suap ke Zainudin. Duit itu diduga dari sejumlah proyek sejak 2016 hingga 2018.


Tonton juga ' Bupati Lampung Selatan jadi Tersangka Pencucian Uang ':

[Gambas:Video 20detik]


(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed