DetikNews
Jumat 07 Desember 2018, 12:15 WIB

Jokowi: Membangun Infrastruktur Adalah soal Persatuan Indonesia

Ferdinan - detikNews
Jokowi: Membangun Infrastruktur Adalah soal Persatuan Indonesia Ilustrasi tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pembangunan infrastruktur tak bisa hanya dilihat dari kacamata ekonomi. Membangun infrastruktur, ditegaskan Jokowi, adalah soal persatuan Indonesia.

"Membangun infrastruktur itu adalah soal persatuan Indonesia sebagai bangsa yang besar," ujar Jokowi dalam akun Instagram-nya, Jumat (7/12/2018).

Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh wilayah Indonesia bertujuan meningkatkan keterhubungan antarwilayah.




"Menyatukan seluruh daerah di Tanah Air sehingga meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan," sambungnya.

Jokowi juga mengutip lirik lagu 'Dari Sabang sampai Merauke' ciptaan R Soerarjo, yakni "Sambung-menyambung menjadi satu, itulah Indonesia!"

"Kenapa harus sambung-menyambung? Supaya negara besar ini yang wilayahnya 'dari Sabang sampai Merauke, berjajar pulau-pulau' bisa disatukan," terang Jokowi.




Karena itu, Jokowi menekankan pembangunan infrastruktur seperti jalan di Papua, Kalimantan, dan Sumatera yang harus dibangun sebaik Pulau Jawa.

"Dengan keterhubungan antarwilayah yang bagus: orang Aceh semakin mengenal orang Papua, orang Papua harus kenal orang Kalimantan, orang Kalimantan harus kenal orang Jawa, orang Jawa harus kenal orang Sulawesi," tutur Jokowi.



Tonton juga 'Eksklusif Menko Luhut: Utang, Infrastruktur, dan TKA China':

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/bpn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed