DetikNews
Jumat 07 Desember 2018, 10:51 WIB

Jokowi ke Pelaku Startup: Jangan Hanya Bertumpu di Online

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi ke Pelaku Startup: Jangan Hanya Bertumpu di Online Foto: Presiden Jokowi saat bertemu dengan pelaku startup Indonesia di Balai Kartini, Jakarta. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Digital Startup 2018. Jokowi meminta pelaku startup tidak bertumpu pada pemasaran online.

"Jangan hanya bertumpu kepada online-nya saja, hati-hati diolahnya ini ada persoalan yang juga harus dicarikan solusi dicarikan jalan keluar. Saya ingin kita semuanya ingin agar banyak rintisan-rintisan eksportir kecil-kecil yang mikro seperti ini yang bisa merambah global marketplace," ujar Jokowi di Balai Kartini, Jl Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (7/12/2018).


Namun, pemasaran online dan offline, menurut Jokowi, perlu dikolaborasikan. Jokowi mengatakan, dengan demikian, pelaku usaha mendapat keuntungan lebih besar.

"Kalau ini rampung, kita miliki saat ini data yang diterima 62 juta mikro dan kecil yang ada di kampung-kampung. Ini pekerjaan saudara-saudara, ini kalau ini gabungkan dengan yang online, jadi ekosistem online harus sambung dengan ekosistem offline disambung. Jadi saudara-saudara akan mendapatkan pahala besar, karena selain untungnya besar juga karena meningkatkan taraf hidup usaha rumah tangga," kata Jokowi.


Kepada pelaku startup, Jokowi meminta jumlah unicorn di Indonesia semakin banyak dan dapat melakukan ekspansi ke luar negeri. Unicorn adalah sebutan untuk perusahaan rintisan (startup) yang bernilai di atas USD 1 miliar atau setara dengan Rp 13,5 triliun. Ia memberikan contoh Go-Viet, yang merupakan 'cabang' Go-Jek di Vietnam.

"Saya juga ingin lebih banyak unicorn kita yang lahir di Indonesia, yaitu mengekspor teknologinya ke negara-negara lain, intervensi ke negara-negara lain. Kemarin saya senang waktu buka di Vietnam, Go-Viet, saya denger lagi mau buka Go-Sing di Singapura, mungkin namanya, mungkin, saya menebak-nebak saja. Sudah ngomong ke saya, nanti Nadiem mau juga buka di Filipina, Go-Fil," ujarnya.


Turut hadir mendampingi Jokowi, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, dan Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki.



Tonton juga ' Kemeriahan Startup Nations Summit 2018 Surabaya ':

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed