DetikNews
Kamis 06 Desember 2018, 13:50 WIB

Tim Prabowo: Uang Jual Saham Sandi Rp 500 M Masuk Dana Kampanye

Yulida Medistiara - detikNews
Tim Prabowo: Uang Jual Saham Sandi Rp 500 M Masuk Dana Kampanye Cawapres Sandiaga Uno (Pertiwi/detikcom)
Jakarta - Calon wakil presiden Sandiaga Uno jorjoran menjual sahamnya lebih dari setengah triliun rupiah di PT Saratoga Investama Sedaya Tbk (SRTG) untuk berkampanye. Juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Suhud Alynudin, menyebut dana tersebut masuk ke biaya kampanye Timses Prabowo.

"Iya masuk. Sumber dana kampanye pilpres itu di antaranya berasal dari capres atau cawapres itu sendiri, selain sumbangan dari pihak-pihak eksternal," kata Suhud saat dihubungi, Kamis (6/12/2018). Suhud menjawab apakah dana hasil penjualan saham SRTG senilai Rp 503,38 miliar masuk ke dana kampanye timses.


Ia menambahkan, dana kampanye itu didistribusikan ke tim kampanye dan ke partai-partai. Tiap partai juga mendanai kampanyenya sendiri terkait kampanye legislatif (pileg). Ia menyebut nantinya seluruh dana kampanye akan dilaporkan KPU.

"Keseluruhan sumber dana dan pengeluarannya akan dilaporkan secara keseluruhan setelah selesai masa kampanye," ujar politikus asal PKS ini.


Jubir BPN Prabowo-Sandi lainnya, yakni Andre Rosiade, mengakui kubunya masih mengalami kesulitan mendapat donasi dari pihak luar. Oleh sebab itu, Sandi rela mengeluarkan kocek ekstra saat berkampanye.

"Bang Sandi jual saham betul untuk membiayai kampanye beliau. Kenapa? Karena terus terang kita masih kesulitan dapat donasi dari pihak luar. Kita itu selama ini masih kesulitan dapat donasi yang jumlahnya besar. Adanya yang dari masyarakat, tapi kecil, ada yang Rp 20 ribu, tapi pihak yang ber-uang, pengusaha besar belum berikan ke kita," kata Andre.


Sebelumnya, Sandi menjual saham sejak awal Oktober 2018 dalam beberapa tahapan. Dalam kurun waktu sekitar dua bulan, cawapres untuk Prabowo Suboanto tersebut sudah mengantongi Rp 503,38 miliar dari hasil menjual saham SRTG.

Sandi membeberkan alasannya menjual saham SRTG untuk kampanye. Sebab, menurutnya, belum ada pihak yang memberikan donasi untuk kegiatan kampanye Prabowo-Sandi.

"Seperti saya sudah ungkapan, bahwa saya dengan Pak Prabowo memastikan giat kampanye tetap bergulir. Karena sampai kini belum ada donasi, dan saya sampaikan siap untuk terus all-out," ujar Sandiaga saat berkampanye di Kota Malang, Rabu (5/12).
(yld/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed