DetikNews
Rabu 05 Desember 2018, 08:00 WIB

Kemlu: Cuitan Dubes Arab Tak Sesuai Prinsip Hubungan Diplomatik

Faiq Hidayat - detikNews
Kemlu: Cuitan Dubes Arab Tak Sesuai Prinsip Hubungan Diplomatik Foto: Ari Saputra
Jakarta - Kementerian Luar Negeri menilai cuitan Dubes Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Abdullah Al Shuaibi tidak sesuai prinsip hubungan diplomatik. Cuitan tersebut ramai di media sosial dianggap tidak tepat.

"Secara etika penyampaian pernyataan seperti yang ada dalam sosmed Dubes Saudi tidak sesuai dengan prinsip hubungan diplomatik," juru bicara Kemlu Arrmanatha Nasir melalui pesan singkat kepada detikcom, Selasa (4/12/2018).

Kemlu sendiri sudah berkomunikasi dengan Osama, namun yang bersangkutan sedang berada di luar negeri. Akhirnya, Kemlu memanggil Wakil Dubes Arab Saudi untuk dimintai penjelasan terkait cuitan tersebut.

"Pimpinan perwakilan tertinggi jika tidak ada Dubes ditempat adalah kuasa usaha sementara dalam hal ini Wakil Dubes. Dubes saat ini ada di luar negeri," ucap pria disapa Tata.



Tata juga mengatakan Kemlu sudah mengambil tindakan sebelum PBNU dan GP Ansor melakukan protes atas cuitan Osama. Tapi, dia tak menjelaskan tindakan apa yang dimaksud.

"Intinya sebelum ada surat GP Anshor dan release NU, Kemlu sudah ambil tindakan," kata dia.



Ketum PBNU KH Said Aqil Siroj sebelumnya memprotes keras cuitan Osama. Said membacakan tweet yang disebutnya punya Osama. Berikut ini petikannya yang disampaikan Said Aqil:

"'Massa yang berjumlah lebih dari satu juta berkumpul demi menyatakan persatuan umat Islam merupakan reaksi keras terhadap dibakarnya bendera tauhid oleh seorang dari pihak organisasi sesat menyimpang kurang lebih sebulan yang lalu' ini ucapan dia," kata Aqil membacakan tweet tersebut.

"'Jadi kemarin itu Reuni 212 itu yang jumlahnya banyak itu karena menyikapi reksilah terhadap pembakaran bendera tauhid yang dilakukan oleh oknum dari organisasi sesat. Dengan dihadiri oleh capres no 02 Prabowo Subianto, wakil ketua parlemen Fadli Zon, dan lain-lain bapak-bapak wakil Indonesia,'" sambungnya masih membacakan tweet yang disebutnya dicuitkan Osama.

Saat dicek, tidak ada lagi tweet tersebut di akun Twitter Osama. Pihak Kedubes Arab Saudi untuk Indonesia juga sudah dihubungi, namun belum direspon.



Simak juga video 'Eksekusi TKI Tuti Tak Pengaruhi Hubungan Indonesia-Saudi':

[Gambas:Video 20detik]


(fai/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed