Warga Copot Spanduk Bertagar 2019 Tenggelamkan PKI di Jakpus

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Selasa, 04 Des 2018 17:30 WIB
Spanduk di Jakpus (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Warga mencopot spanduk Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang memuat tagar 'JKWBersamaPKI' hingga '2019 Tenggelamkan PKI' di kawasan Kebon Kacang, Jakarta Pusat. Penurunan spanduk itu dilakukan warga setelah Bawaslu menjelaskan potensi pelanggaran kampanye.

"Iya, tadi saya dapat info pertama, itu masuk ke pimpinan DKI, kemudian diarahkan ke Bawaslu, kemudian kita minta teman-teman di Tanah Abang untuk melakukan koordinasi dengan pihak terkait. Kemudian teman-teman Panwascam Tanah Abang dan kelurahan berkoordinasi dengan warga setempat," kata Ketua Bawaslu Jakarta Pusat, Halman Muhdar, kepada detikcom, Selasa (4/12/2018).


Selain bertagar JKWBersamaPKI, tertera tagar lain dalam spanduk tersebut, yakni 'PKIBerkedokPancasila', 'JKWHoakNasional JKWSontoloyoNasional', 'JKWGenderuwoNasional'. Spanduk itu juga memuat foto Prabowo dan Sandiaga.

Spanduk itu dicopot warga pagi tadi. Spanduk itu juga disebut Bawaslu berpotensi memprovokasi warga.

"Ya, karena sifatnya ini potensi jadi provokasi, makanya coba kita lakukan pencegahan, menyampaikan, menjelaskan kepada warga yang ada di situ," ujarnya.


Namun Halman mengaku tidak tahu pemasang spanduk tersebut. Menurut dia, tak ada warga yang mengaku memasang spanduk yang berada di pagar rumah itu.

"Memang teman-teman kita di bawah menanyakan siapa yang masang, nggak ada satu pun warga yang mengaku dia yang memasang. Tetapi telah dijelaskan oleh Panwascam bahwa ada potensi-potensi dan dari spanduk-spanduk ini bisa menjadi potensi," ujarnya. (knv/dkp)