DetikNews
Minggu 02 Desember 2018, 17:29 WIB

Laporan Dari Buenos Aires

Cerita JK tentang Pertemuan 'Akrab' Trump dan Xi Jinping

Bagus Prihantoro Nugroho - detikNews
Cerita JK tentang Pertemuan Akrab Trump dan Xi Jinping Wapres JK menunjukkan video pertemuan Donald Trump dengan Xi Jinping. (Bagus Prihantoro Nugroho/detikcom)
Buenos Aires - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping akhirnya melakukan pertemuan di sela KTT G20. Tapi, sebelum pertemuan resmi, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) sempat melihat video pertemuan informal kedua pemimpin itu yang tampak akrab.

"Ada video yang menarik pertemuan semalam, jadi duduk Trump-istrinya, Jinping-istrinya. Jadi mereka berunding lewat belakang," kata JK seraya menunjukkan video yang dimaksud di Wisma Nusantara KBRI, Buenos Aires, Argentina, Sabtu malam waktu setempat (1/12/2018).

Pertemuan malam yang dimaksud JK adalah saat jamuan makan malam pada Jumat (30/11) dan dilanjutkan menyaksikan pertunjukan budaya di Theatre Colon. JK lalu memperlihatkan sekilas video yang dia dapatkan itu, namun tak memberi tahu dari mana sumbernya. Kemudian dia memperagakan seolah-olah sebagai Jinping dan Menteri PANRB Syafruddin di kanannya seolah-olah sebagai Trump.

Saat memperagakan pertemuan informal itu, JK menengok ke arah Syafruddin dan agak menunduk ke belakang kursi. Pose itu diikuti Syafruddin. Keduanya tampak sedang berbincang dari dekat.




"Jadi agak lama juga, ada hampir satu jam berunding seperti itu. Tapi, ya, itu hasil maksimum yang bisa dicapai," kata JK.

JK sempat bertanya kepada wartawan apakah ada keterangan pers dari pertemuan Trump dan Jinping. Namun, saat JK bertanya, memang belum ada keterangan resmi dari situs panitia KTT G20.

"Tadi sudah pertemuan bilateral, saya belum tahu hasilnya," kata JK.

Menkominfo Rudiantara, yang juga berada di ruangan itu, lalu menambahkan, pertemuan lebih lanjut bakal dilakukan sambil makan malam. Pertemuan tersebut sempat terbuka untuk wartawan dari kedua negara itu.

"Tadi ketemu bilateral antara Amerika dan Tiongkok, itu terbuka untuk wartawan. For better China and Amerika, itu Trump yang bicara," ujar Rudiantara.


Tonton juga 'PP Muhammadiyah Mengadu ke JK Terkait BPJS':

[Gambas:Video 20detik]

Cerita JK Tentang Pertemuan 'Akrab' Trump dan Xi Jinping

(bpn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed