Ada Massa Reuni 212 Bermalam di Istiqlal Sebelum ke Monas

Ibnu Hariyanto - detikNews
Sabtu, 01 Des 2018 20:51 WIB
Foto: Peserta Reuni 212 di Masjid Istiqlal. (Ibnu Hariyanto/detikcom)
Jakarta - Massa yang hendak mengikuti Reuni 212 di Monas mulai mendatangi Masjid Istiqlal. Nampak ada massa yang bermalam di Masjid Istiqlal sebelum menuju Monas esok hari.

Pantauan detikcom, Sabtu (1/12/2018), massa aksi mulai berdatangan ke Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Ada massa terlihat membawa tas dengan berbagai ukuran.

Massa juga terlihat memakai atribut bertuliskan kalimat tauhid, mulai dari bendera, topi hingga kaus. Massa datang dari berbagai daerah di Indonesia.




Beberapa massa nampak berkumpul di selasar Masjid Istiqlal. Mereka terlihat bersantai di selasar masjid. Ada juga massa yang berada di bagian luar masjid dan berbincang satu sama lain.

"Nanti saya istirahat dulu di sini (Masjid Istiqlal), mungkin baru ke sana (Monas) setelah salat subuh," kata salah seorang peserta aksi, Komarudin di lokasi.

Komarudin datang sendiri dari Cirebon, Jawa Barat. Menurutnya, nanti ada rombongan lain dari Cirebon yang menyusul.

"Saya sendirian aja, tapi nanti pukul 24.00 WIB ada yang berangkat menggunakan mobil juga," jelasnya.

[Gambas:Video 20detik]




Tak hanya Komarudin, peserta lain, Reswadi juga akan menginap di Masjid Istiqlal. Tujuan agar lebih mudah menunaikan ibadah salat.

"Kalau di sini enak kalau mau salat. Kalau di Monas langsung susah," ujar Reswadi.

Reuni 212 akan berlangsung di Monas, Jakarta Pusat pada Minggu (2/12). Ketua Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Slamet Ma'arif mengatakan reuni aksi 212 tidak jauh berbeda dengan aksi tahun 2016. Pihak panitia, dalam maklumatnya, meminta jemaah langsung menuju ke Monas paling lambat pukul 05.00 WIB.

"Kepada jemaah yang akan hadir disarankan langsung menuju Monas karena semua rangkaian acara Reuni Akbar Mujahid 212 berlangsung di Monas, adapun kendaraan dipersilakan parkir di area parkir yang sudah disiapkan (IRTI, Lapangan Banteng, Lemhanas, Istiqlal, dll) dan diharapkan sudah ada di Monas selambat-lambatnya sebelum pukul 05.00 WIB agar tidak terkena pengalihan jalur lalu lintas karena adanya kegiatan car free day di Jl Sudirman-Jl Thamrin," demikian bunyi salah satu poin dalam Maklumat Panitia Reuni Akbar Mujahid 212. (ibh/zak)