Penghuni Lapas di Aceh 720 Napi, Dijaga 7 Sipir Saat Kabur Massal

Audrey Santoso - detikNews
Jumat, 30 Nov 2018 10:11 WIB
Lebih dari seratus napi di Lapas Aceh kabur, Kamis (29/11/2018). (Agus Setyadi/detikcom)
Jakarta - Polisi mengatakan ada 7 sipir yang berjaga di Lapas Kelas II-A Lambaro, Aceh Besar, Aceh, saat 113 narapidana (napi) kabur. Sedangkan tercatat ada 720 napi yang tinggal di sana.

"(Sipir) yang jaga saat kabur jumlahnya 7 orang. Saat ini sudah 25 orang yang berhasil ditangkap. Seluruh jajaran Polda Aceh melakukan razia dan pengejaran terhadap napi yang melarikan diri dan Polda sudah menerbitkan DPO," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo kepada detikcom melalui pesan singkat, Jumat (30/11/2018).


Polisi mengimbau 88 napi lainnya yang melarikan diri segera kembali ke lapas. Imbauan itu juga disampaikan kepada keluarga, dengan harapan keluarga kooperatif jika mengetahui keberadaan para napi.

"Mengimbau melalui keluarga agar para napi tersebut menyerahkan diri atau diserahkan oleh pihak keluarga," ujar Dedi.


Secara terpisah, Kabid Humas Polda Aceh AKBP Ery Apriyono mengutarakan ratusan napi kabur dalam waktu bersamaan karena sempat melawan petugas jaga lapas. Petugas jaga tak bisa membendung karena jumlah yang tak sebanding.

"Jumlah petugas jaga tidak sebanding dengan para napi. Sehingga para napi tersebut berhasil menjebol dinding pengamanan dan melarikan diri melalui persawahan yang ada di belakang LP. Berdasarkan data sementara napi yang ada di LP Kelas II-A Lambaro, Aceh Besar, berjumlah 720 orang," terang Ery. (aud/idh)