detikNews
Kamis 29 November 2018, 21:01 WIB

Tutup Festival Qasidah, Jokowi Nyanyi Lagu Sabyan Gambus

Andhika Prasetia - detikNews
Tutup Festival Qasidah, Jokowi Nyanyi Lagu Sabyan Gambus Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup Festival Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Nasional Tahun 2018. (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup Festival Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Nasional Tahun 2018 yang digelar Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LAQSI). Tidak ketinggalan, Jokowi menyanyikan lagu 'Deen Assalam' karya Sabyan Gambus.

"Saya lihat kemarin di YouTube, yang melihat hampir 174 juta. Sudah hampir sebanyak jumlah penduduk Indonesia dan lagunya yang terkenal 'Deen Assalam, bener? (Sambil menyanyi) Abtahiyyat wabsalam, ansyuru ahlal kalam zainuddin yahtirom. Sudah, saya hanya hapal reff-nya. Seterusnya Bapak-Ibu suaranya lebih bagus," ujar Jokowi di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Kamis (29/11/2018).

Menurutnya, Islam memiliki perhatian tinggi akan seni, termasuk kasidah. Jokowi pun mengutip makna lagu 'Deen Assalam'.



 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup festival bintang vokalis qasidah tingkat nasional tahun 2018 Presiden Joko Widodo menutup Festival Bintang Vokalis Qasidah Tingkat Nasional Tahun 2018 (Andhika Prasetia-detikcom



"Coba kalau kita artikan tadi, abtahiyyat wabsalam, melalui perilaku mulia dan damai. Kemudian ansyuru ahlal kalam jainuddin yahtirom, sebarkanlah ucapan yang manis," ujarnya.

Jokowi juga menjelaskan, saat ini qasidah sudah mengalami perkembangan zaman. Ia mengingat kala mendengar lagu Merdeka Membangun karya Nasida Ria saat ia remaja. Kini grup qasidah yang terkini adalah Sabyan Gambus.






"Seperti saya bercerita Nasida Ria di tahun 70, 80-an. Sekarang yang terbaru ada grup Sabyan yang dimotori anak-anak muda dan Nissa Sabyan yang baru berusia 19 atau 20 tahun. Sabyan muncul sebagai grup qasidah yang milenial dan fenomenal," kata Jokowi.



 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup festival bintang vokalis qasidah tingkat nasional tahun 2018 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menutup festival bintang vokalis qasidah tingkat nasional tahun 2018 Foto: Andhika Prasetia/detikcom)


Acara ini juga dihibur oleh juara umum Festival Qasidah yang dimenangi Provinsi Sumatera Utara. Jokowi sempat mengajak selfie pemenang dan memberikan sepeda.

Turut mendampingi Jokowi dalam penutupan Festival Qasidah yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Ketum PPP Romahurmuziy.
(dkp/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed