Peras Warga yang Urus Surat Tanah, Pak Lurah di Pekanbaru Kena OTT

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Kamis, 29 Nov 2018 17:15 WIB
Foto: Ilustrasi pungli oleh Basith Subastian/detikcom
Foto: Ilustrasi pungli oleh Basith Subastian/detikcom
Pekanbaru - Ditreskrimsus Polda Riau melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap lurah di Pekanbaru yang memeras warga mengurus surat tanah. Barang bukti diamankan uang kontan Rp 33 Juta.

"Tersangka adalah Raimon (37) Lurah Sidomulyo Barat Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Status tersangka PNS," kata Dir Reskrimsus Polda Riau, Kombes Gidioan Arif Setiawan kepada detikcom, Kamis (29/11/2018).



Gidion menjelaskan, OTT ini dilakukan atas laporan warga atas nama Sabar F yang diduga menjadi korban pemerasan tersangka Raimon.

"Korban mengurus surat tanah ke kantor Lurah Sidomulyo Barat. Untuk mengurus surat keterangan tanah (SKT) dan surat keterangan ganti rugit (SKGR) tersangka memeras warga," kata Gidion.

Penangkapan dilakukan tim Ditreskrimsus Polda Riau pada Rabu (28/1). Tersangka ditangkap di warkop di Jl Soekarno Hatta, Pekanbaru. Barang bukti yang diamankan saat OTT ada uang Rp 10 juta.



Gidion menyebutkan, uang Rp 10 juta yang disita tim didapat dari jok sepeda motor. Selanjutnya tim melakukan pemeriksaan terhadap tersangka.

"Dari pengembangan, tersangka ternyata sebelumnya meminta uang Rp 23 juta dari warga lainnya atas nama Haslina Murni dari hasil penjualan tanah. Tersangka awalnya minta hasil penjualan tanah Rp 25 juta, namun diberi Rp 23 juta," kata Gidion.

"Tersangka saat ini masih dilakukan pemeriksaan di Subdit 3 Ditreskrimsus untuk dilakukan penahanan 20 hari ke depan," tutup Gidion. (cha/rvk)