Pemprov DKI Siapkan Pergub untuk Atur Pemakaian Kantong Plastik

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Rabu, 28 Nov 2018 12:16 WIB
Ilustrasi kantong plastik. Foto: Australia Plus ABC
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan segera mengatur penggunaan kantong plastik melalui peraturan gubernur (pergub). Warga akan dilarang menggunakan plastik secara bertahap.

"Pergub ini begini misalnya, kalau pergub udah dikeluarkan. Kita nggak serta merta pergub itu keluar langsung main. Tapi ada masa misalkan enam bulan untuk mengedukasi ini dulu," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Isnawa Adji saat dihubungi wartawan, Rabu (28/11/2018).


Isnawa menuturkan ada usulan untuk memberikan insentif ke toko-toko yang tidak menyediakan plastik. Dia mengatakan, Pemprov DKI akan tetap berkomunikasi ke produsen plastik untuk mencari solusi terbaik.

"Harus ada insentif dan disinsentif itu untuk retail-retail. Itu yang lagi kita coba ajak ngobrol-ngobrol retail-retail supaya mereka, bukannya kita mau musushin produsen plastiknya. Tapi kita rangkul mereka juga kok, punya masukan seperti apa," ujar Isnawa.


Isnawa juga bicara soal upaya mengurangi buang sampah sembarang di DKI. Dia mengatakan terus menggalakkan operasi tangkap tangan (OTT) bagi warga yang membuang sampah sembarangan. Warga yang terkena OTT dikenai denda dari Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu.

"Kalau buang sampah di jalan itu Rp 100 ribu kalau di sungai Rp 500 ribu. Tapi kita nggak saklek, di car free day kalau ada anak kecil buang sampah, nggak punya duit ya kita suruh aja nyanyi Indonesia Raya," jelasnya.


Saksikan juga video 'Miris! Seekor Paus Mati Usai Menelan 80 Kantong Plastik':

[Gambas:Video 20detik]

(fdu/tor)