detikNews
Rabu 28 November 2018, 11:36 WIB

KNKT: Ada Beda Data Jumlah Pramugari Lion Air PK-LQP

Eva Safitri - detikNews
KNKT: Ada Beda Data Jumlah Pramugari Lion Air PK-LQP Foto ilustrasi (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - Ternyata, ada perbedaan data mengenai jumlah pramugari yang berada di pesawat Lion Air PK-LQP. Hal ini diungkapkan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

"Dari data load seat, pesawat ini diawaki 2 pilot, 5 pramugari, dan 181 penumpang, terdiri dari 178 dewasa, 1 anak, 2 bayi," kata Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Nurcahyo Utomo dalam jumpa pers di kantornya, Jl Medan Merdeka Timur, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).



Meski data penumpang pesawat menyebutkan ada 5 pramugari, data yang didapatkan polisi dari kru Lion Air menunjukkan ada 6 pramugari.

"Sedangkan menurut data police report atau data kru yang disampaikan oleh Lion Air, jumlah pramugarinya ada 6," kata Nurcahyo.



Untuk Lion Air, KNKT mengeluarkan dua rekomendasi keselamatan dalam hal laporan awal ini. Pertama, agar Lion Air memperbaiki budaya keselamatan operasionalisasi pesawatnya, sehingga pilot dapat menentukan lanjut-tidaknya penerbangan. Kedua, KNKT meminta Lion Air memperbaiki data terkait jumlah penumpang.

"KNKT meminta agar dokumen penerbangan harus sesuai isinya dengan kondisi yang sesungguhnya. Jadi di load and balancing tercatat pramugarinya 5 padahal sesungguhnya pramugarinya 6. Jadi ini yang kita minta kepada Lion Air," kata dia.


Saksikan juga video 'Blak-blakan Menhub soal Sanksi Lion Air':

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com