detikNews
Rabu 28 November 2018, 11:14 WIB

Sekolah di Sulteng yang Ada di Daerah Likuifaksi akan Dipindah

Tim detikcom - detikNews
Sekolah di Sulteng yang Ada di Daerah Likuifaksi akan Dipindah Lokasi terdampak likuifaksi di Petobo (Foto: Puspen TNI)
Palu - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) akan merelokasi sekolah-sekolah di area yang terdampak gempa, tsunami, dan likuifaksi ke daerah yang lebih aman dari bencana. Ada sejumlah sekolah yang akan direlokasi.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulteng Hatijah Yahya mengatakan pemindahan sekolah antara lain mencakup 2 SMK negeri dan 5 SMK swasta di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.



Sekolah yang akan direlokasi ialah:

- SMK Negeri 8 Palu
- SMK Negeri 1 Sigi
- SMK Justitia Palu
- SMK Islamic Center Palu
- SMK PGRI Palu
- SMK Janur Persada Sigi
- SMK Muhammadiyah Marawola Sigi

Ia mengatakan sekolah-sekolah yang berada pada zona merah likuifaksi itu rusak parah akibat gempa pada 28 September lalu. Meski demikian, murid-murid masih bisa belajar di ruang kelas yang masih bisa digunakan di sekolah-sekolah yang tingkat kerusakannya ringan sampai sedang.



"Lokasi pembangunannya sudah ada dan tinggal menunggu anggaran pembangunan dari pemerintah," kata Hatijah, yang dilansir Antara, Rabu (28/11/2018).

Sedangkan di sekolah-sekolah yang bangunannya rusak parah, kegiatan belajar-mengajar diselenggarakan di tenda-tenda sekolah darurat bantuan dari pemerintah dan Unicef (badan PBB untuk pendanaan anak).

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sigi Gayus Sampe secara terpisah mengatakan gempa dan likuifaksi telah menyebabkan 104 unit sekolah yang tersebar di 13 kecamatan di Sigi rusak. Menurut data BNPB, sebanyak 2.736 gedung sekolah rusak akibat gempa.


Saksikan juga video 'Wilayah Likuifaksi Sulteng Direkomendasikan untuk Ditimbun Tanah':

[Gambas:Video 20detik]


(rvk/asp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed