DetikNews
Senin 26 November 2018, 21:01 WIB

Ini Alasan Kemenag Tak Tambah Kuota Haji 2019

Yulida Medistiara - detikNews
Ini Alasan Kemenag Tak Tambah Kuota Haji 2019 Ilustrasi (Fajar Pratama/detikcom)
Jakarta - Kementerian Agama menyebut besaran kuota haji Indonesia tahun 2019 tidak naik. Hal itu karena Indonesia masih menunggu perbaikan sarana ibadah haji di Mina.

"Seperti yang saya sampaikan, fokus kita tidak ada penambahan kuota selama sarana-prasarana Mina belum ditingkatkan dengan baik," kata Menag Lukman Hakim Saifuddin di kompleks DPR, Jakarta, Senin (26/11/2018).



Ia mengatakan kepadatan tenda dan ketersediaan toilet di Mina merupakan salah satu yang harus dibenahi. Karena itu, apabila belum ada perbaikan fasilitas, kuota haji belum dapat ditambah karena bisa membahayakan jemaah.

"Tanpa didahului penambahan sarana dan prasarana ini, menambah kuota jemaah bisa menyebabkan tragedi kemanusiaan karena itu mengancam keselamatan jiwa semua kita," kata Lukman.



Dia menambahkan kuota haji Indonesia pada 2019 sama seperti pada 2018, yakni sebesar 221 ribu. Angka itu terdiri atas 204 ribu haji reguler dan 17 ribu haji khusus.

"Lalu teknis pengisian kuotanya juga seperti yang kami lakukan pada tahun ini, yaitu dalam dua tahap, yaitu kuota tahun 2019 ditambah dengan cadangan sebesar 5 persen dari jemaah yang ditentukan berangkat pada 2020," kata Lukman.
(yld/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed