KJRI Osaka Telusuri Keberadaan WNI Radhwa Athaya yang Dicari Keluarga

Rina Atriana - detikNews
Senin, 26 Nov 2018 13:10 WIB
Foto: Radhwa Athaya Yulianzalika
Jakarta - Informasi soal WNI bernama Radhwa Athaya Yulianzalika di Osaka yang tidak bisa dihubungi keluarganya viral di media sosial. KJRI Osaka melakukan penelusuran.

"Kasus RAY ini sudah ditangani KJRI Osaka. Dilihat dari konstruksinya, kasus ini perlu didalami lebih lanjut sebelum disebut sebagai kasus orang hilang," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal saat dimintai konfirmasi, Senin (26/11/2018).


Dari hasil penelusuran sementara, tidak ada data bahwa Radhwa ditahan pihak berwajib. Keberadaan Radhwa kini masih ditelusuri.

"Yang jelas, dari hasil penelusuran Perwakilan RI, tidak ada data penahanan terhadap WNI atas nama RAY oleh kepolisian maupun imigrasi Jepang. Perwakilan RI akan terus menelusuri keberadaan RAY," ungkapnya.

Informasi soal Radhwa Athaya Yulianzalika awalnya beredar lewat Instagram Story. Saat dihubungi, kakak Radhwa yang bernama Nahla mengatakan bahwa adiknya itu tidak bisa dihubungi sejak tanggal 30 Oktober 2018. Saat dicek ke apartemen lamanya, tidak ada siapa-siapa di apartemen tersebut.

Keluarga telah meminta bantuan polisi juga berkoordinasi dengan KJRI Osaka. "Keluarga berharap jika ada yang memiliki informasi, dapat memberi tahu," kata Nahla.

(imk/tor)