DetikNews
Minggu 25 November 2018, 10:14 WIB

Dapat Gelar Adat Komering, Jokowi: Kebudayaan Nusantara Sangat Kaya

Ray Jordan - detikNews
Dapat Gelar Adat Komering, Jokowi: Kebudayaan Nusantara Sangat Kaya Foto: Ray Jordan/detikcom
Palembang - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi diberi gelar adat oleh Majelis Adat Komering Raya Sumatera Selatan (Sumsel). Jokowi memaknai gelar yang diberikan itu sebagai tanggung jawab untuk mengangkat derajat masyarakat Komering Sumsel.

Jokowi dianugerahi gelar 'Rajo Balaq Mangku Nagara', sementara Iriana diberi gelar 'Ratu Indoman'. Dalam sambutannya, Jokowi mengaku berbahagia bisa bersilaturahmi dengan masyarakat Sumsel dan Majelis Tinggi Adat Komering Sumsel.


"Masyarakat adat Komering salah satu penjaga budaya adat asli Indonesia, salah satu pelestari adat istiadat Indonesia. Dan saya sangat menghargai sekali dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehormatan besar yang telah diberikan kepada saya dan Ibu Iriana oleh Majelis Tinggi Adat Komering Sumatera Selatan atas gelar yang telah diberikan kepada saya dan Ibu Iriana," kata Jokowi di Griya Agung, Kota Palembang, Minggu (25/11/2018).

Jokowi mengatakan, dia dan Iriana memaknai gelar itu sebagai bentuk tanggung jawab untuk mengangkat derajat masyarakat adat Komering Sumsel.

"Saya dan Ibu Iriana memaknai semangat adok, semangat jajuluk, semangat gelar 'Rajo Balaq Mangku Nagara' dan 'Ratu Indoman' yang dianugerahkan kepada kami berdua adalah sebagai pesan dan harapan dan tanggung jawab untuk selalu mengangkat derajat dan memajukan adat Komering Sumatera Selatan," katanya.


Dia juga mengatakan, dalam kemajuan Indonesia, tradisi kebudayaan bangsa adalah sumber energi besar bagi masyarakat. "Kebudayaan nusantara yang sangat beragam, sangat kaya akan kearifan lokal, dan semua itu jadi kepribadian bangsa dan menjadi modal kita meraih kemajuan," katanya.

Pemangku Adat Majelis Tinggi Komering Sumsel, Haji Romli Mustika Ratu, menjelaskan, gelar 'Rajo Balaq Mangku Nagara' berarti Raja Agung yang memegang kekuasaan tertinggi negara Republik Indonesia. Sementara 'Ratu Indoman' artinya Ibunda yang memberikan perlindungan kepada masyarakat dan pengayom rakyat yang tak lepas dari sopan santun.

Seusai prosesi, Jokowi dan Iriana diberi piagam penganugerahan gelar adat tersebut. Tak hanya itu, Jokowi dan Iriana juga diberi kamus bahasa adat Komering.
(jor/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed